Rabu pagi (14/12/2022) Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta menggelar Launching Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren). Acara ini dimulai pada pukul 09.00 WIB, bertempat di kompleks kampus putri, dengan dihadiri Muspika Prambanan (Panewu, Kapolsek dan Danramil), Dinas Kesehatan kabupaten Sleman, Kepala Puskesmas Prambanan, PCM Prambanan, BPH MBS, Jajaran Pimpinan MBS, dewan guru serta para santri.

Setelah acara dibuka dengan lantunan Kalam Ilahi dan dilanjut menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah. Direktur MBS, ustadz Fajar Shadik mendapat giliran pertama memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau berharap agar Poskestren MBS ini tidak hanya sampai di sini, akan tetapi nantinya menjadi klinik yang bisa melayani kesehatan masyarakat sekitar.

Menanggapi hal ini, Tim P2DAI UMS yang diketuai Dr. Mutalazimah, SKM, M. Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwa Poskestren ini diharapkan bisa memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada para santri.

Selain itu, Dr. Mutalazimah juga mengajak santri untuk bersyukur kepada Allah atas limpahan rahmat-Nya berupa berdirinya Poskestren ini.

Berdirinya Poskestren MBS ini disambut baik bapak Gatot Subroto selaku Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Bahkan, ia merasa salut kepada Pondok Pesantren MBS yang mendirikan poskestren ini.

MBS adalah pesantren yang betul-betul memperhatikan kesehatan santri-santrinya. Terbukti hari ini diresmikan pos kesehatan pesantren sebagai bentuk pelayanan kesehatan prima kepada para santri,” ujar bapak Gatot.

Apresiasi juga disampaikan oleh perwakilan Panewu Kapanewon Prambanan. Diwakili bapak Anom, beliau mengaku optimis MBS akan semakin bersinar. Dirinya juga yakin poskestren MBS ke depan akan mampu berevolusi menjadi klinik atau bahkan Rumah Sakit.

Usai sambutan-sambutan tersebut, acara seterusnya adalah penandatanganan MoU Poskestren MBS dengan Puskesmas Prambanan, dilanjutkan penyerahan sertifikat “Capacity Building Santri Husada” oleh Dr. Mutalazimah, dan terakhir doa penutup. (ElMoedarries)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 16 =