Bertempat di Gedung Baru Lantai 1 dan Mushola Fatimah, tim Penerimaan Mahasiswa Baru Univerisitas Muhammadiyah Surakarta (PMB UMS) melaksanakan sosialisasi PMB pada Selasa, (13/12/2022). Sosialisasi ditujukan kepada santri yang duduk dikelas XII yang tengah bersiap menghadapi masa transisi dari sekolah menuju ke Universitas.

Dalam paparannya, tim PMB UMS yang digawangi Bapak Alex Kurniadi, S.Pd memberikan penjelasan mengenai profil singkat program internasional UMS, program studi, beasiswa, hingga fasilitas yang tersedia di UMS.

“Bagi adik-adik yang berminat melanjutkan studinya di UMS, mulai tahun pelajaran 2023/2024, UMS membuka cabang di Korea dengan menandatangani kerjasama dengan perguruan tinggi asal Korea Selatan, Tongmyong University.  Dengan demikian, adik-adik akan mendapatkan kesempatan untuk bisa kuliah di luar negeri”, jelasnya ketika menjelaskan mengenai program baru internasional yang disinyalir akan menjadi magnet baru bagi para calon mahasiswa itu.

Selanjutnya, tim PMB juga memberikan petunjuk serta arahan mengenai alur pendaftaran di website UMS yang mana dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi para siswa dalam mengakses serta mengunggah dokumen yang disyaratkan.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang narasumber yang juga merupakan dosen Tongmyong University, Prof. Je Dae Sik, mengatakan untuk jurusan yang akan dibuka di Tongmyong University adalah IT atau Teknologi Informasi dengan beberapa kompetensi seperti software dan keamanan informasi.

“Perkuliahan akan dilakukan dua tahun pertama di sini (UMS) dan dua tahun berikutnya di Korea Selatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Prof. Je, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang cukup fasih mengatakan melalui kerjasama tersebut diharapkan semakin banyak masyarakat Indonesia yang belajar mengenai IT karena di Korea Selatan sangat maju dalam bidang IT serta konduktor, perangkat lunak, juga komputer.

Dengan hadirnya UMS di SMA MBS ini, diharapkan dapat menjadi sumber informasi yang cukup bagi para santri untuk mengetahui gambaran umum mengenai alur PMB sampai dengan bagaimana kehidupan di lingkungan kampus. Selain itu, adanya sosialisasi ini juga bertujuan untuk mempererat jalinan silaturahmi dan kerjasama antara UMS dan SMA MBS.(ElMoedarries)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 11 =