PPM MBS Yogyakarta senantiasa berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan untuk para santri. Ini dilakukan dengan terus mewujudkan implementasi kerjasama dengan Tim Pengabdian UMS yang berkomitmen melanjutkan kegiatan pembinaan Poskestren di PPM MBS Yogyakarta sebagai pelaksanaan MoA antara MBS dan Tim P2DAI UMS yang diketuai oleh Dr. Mutalazimah.

Kegiatan ini dinamakan capacity building santri husada karena bertujuan mengembangkan kapasitas santri husada sebagai tenaga pendukung perawat dan dokter dalam memberikan pelayanan di Poskestren. Peningkatan kapasitas tahap awal ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan santri husada dalam Penanggulangan Penderita Gawat Darurat (PPGD).

Kegiatan capacity building ini terdiri atas 2 kelompok putra dan putri. Kelompok putra diikuti oleh 17 santri husada dengan pemateri Bapak Al Afik, S.Kep., Ns., M.Kep. dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Bapak Edy Suprayitno, S.Kep., Ns., M.Kep. dari Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Sementara itu kelompok putri diikuti 15 santri husada dengan pemateri Ibu Darsih, S.Kep., Ns., M.Kep. dari RSUP Sardjito dan Ibu Okti Sri Purwanti, S.Kep., Ns., M.Kep., Ns.Sp.KMB. dari Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dari kegiatan ini diharapkan santri husada terlatih dalam hal kegawatdaruratan untuk meningkatkan performa pelayanan di Poskestren PPM MBS Yogyakarta, agar santri lebih terjamin kesehatannya dan dapat belajar dengan optimal.(red)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + two =