Ikatan Keluarga Alumni Muhammadiyah Boarding School, IKA MBS Mesir sebagai salah satu warga persyarikatan di luar negeri punya andil besar dalam gerak langkah muhammadiyah di bumi kinanah. Alumni telah mengukir jejak dengan berkiprah nyata di Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah, PCIM Mesir. Tentu dengan adanya konstribusi ini sejalan dengan tagline MBS Yogyakarta sebagai pondok kader persyarikatan, agenda besar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah dalam waktu dekat adalah Muktamar ke-48.

Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48 sudah dipastikan akan diselenggarakan di Surakarta pada 18-20 November 2022. Setelah tertunda dua tahun akibat pandemi Covid-19, akhirnya perhelatan Akbar yang ditunggu-tunggu warga persyarikatan ini akan digelar.

Muktamar merupakan forum permusyawaratan tertinggi bagi persyarikatan Muhammadiyah yang diselenggarakan lima tahun sekali. Sejak Muhammadiyah berdiri pada 1912 hingga sekarang, total Muhammadiyah sudah menyelenggarakan perhelatan tertinggi ini sebanyak 47 kali. Muktamar terakhir diselenggarakan di Makassar pada tahun 2015.

Muktamar juga merupakan bukti bahwa praktik berdemokrasi sudah berlangsung di Muhammadiyah sejak awal mula berdirinya organisasi ini. Sebab, dalam muktamar, pemilihan pengurus tingkat pusat menjadi agenda utama selain menyusun program kerja lima tahunan.

Sejalan dengan agenda Milad 5 Tahun IKA MBS Mesir, berbagai acara dan kegiatan digelar untuk semarak milad hal ini tentu menjadi momen untuk merajut asa dan meneguhkan semangat terutama bagi alumni MBS yang berada di Mesir. Selain itu juga sebagai syiar agenda besar persyarikatan dalam waktu dekat yaitu Muktamar Muhammadiyah dan  ‘Aisyiyah Ke-48 di Surakarta, salah satu agenda penyemarak adalah Muktamaride 48.

Muktamaride 48 adalah kegiatan bersepeda virtual yang diselenggarakan di seluruh Indonesia dengan konsep hybrid cycling yang mengkombinasikan bersepeda secara terbatas dalam kelompok kecil dan rute yang berbeda selama periode waktu yang ditentukan sebagai bagian dari syiar dalam menyongsong pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke 48.

Nantinya pada bulan Oktober nanti, waktu penyelenggaraan Muktamaride 48, IKA MBS Mesir kaan mengawal gowes virtual ini sebagai warga persyarikatan di luar negeri, aksi kecil ini adalah sebagai wujud cinta pada Muhammadiyah.(Renaldhi Sheva Perdana)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *