Awal bulan September tahun 2022 menjadi awal yang baik bagi Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School, MBS Yogyakarta. Pasalnya, santri MBS kembali memborong semua juara pada Olimpiade Bahasa Arab Nasional (OBA) ke-5 dengan masing-masing kategori SMP /MTs dan SMA/MA/SMK tingkat Provinsi DIY tahun 2022, pada Sabtu, 3 September 2022 di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta.

Keterangan pendamping lomba, ustadz Fachrirazi, S.Pd menyatakan bahwa seluruh peserta yang dikirim MBS mewakili kabupaten Sleman, semuanya mendapatkan juara. Dari 6 santri yang dikirim MBS, semuanya memperoleh juara di berbagai jenjang yang dilombakan, yaitu:

  1. Faiz Hilmi Aminuddin – Kelas 9L (Juara 1 jenjang SMP)
  2. Aida Qurota A’yun – Kelas 9M (Juara 2 jenjang SMP)
  3. M. Sulhan Rasyid Fachruddin – Kelas 9A (Juara 3 jenjang SMP)

 

  1. Vania Nabila Izzati – Kelas 10 IPS 7 (Juara 1 jenjang SMA)
  2. Alfian Fakhrurozi – Kelas 12 MIPA 1 (Juara 2 jenjang SMA)
  3. Muhammad Roziq Fadhil Akbar – Kelas 10 IPS 6 (Juara 3 jenjang SMA).

Ustadz Fachri mengatakan yang didapatkan santrinya berkat kerja sama dan arahan oleh semua pihak, baik direktur, kepala sekolah SMP dan SMA MBS itu sendiri, serta tak lepas dari bimbingan guru pendamping.

“Berkat dukungan dari stakeholder tiap tingkatan sekolah dan kesungguhuhan santri-santri kita, serta arahan guru pembimbingnya, alhamdulilah keluar menjadi juara di tingkat kabupaten dan tingkat provinsi. Semoga dapat meraih juara kembali di tingkat nasional oktober mendatang,” ungkapnya.

Ini pertanda bahwa pembinaan bahasa di Pondok Pesantren MBS mengalami kemajuan, dengan demikian, prestasi ini menjadi motivasi bagi yang lainnya, bukan hanya di lingkup Pondok Pesantren MBS tapi juga pada pondok-pondok Pesantren, Madrasah-Madrasah dan sekolah-sekolah yang mengajarkan Bahasa Arab.

Sebagaimana diketahui bahwa lomba Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke-5 ini diadakah oleh Forum MGMP Bahasa Arab Se-Indonesia diikuti oleh sekolah-sekolah sesuai kategori, baik SMAN, SMAS, MAN, MA Swasta, SMK, SMPN, SMPS, MTs Negeri dan swasta serta SD tingkat provinsi. Sementara pelaksanaan Grand Final OBA ke-5 tingkat Nasional akan dilaksanakan pada Oktober 2022 mendatang.(ElMoedarries)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *