Mudabbir merupakan salah satu elemen yang berperan penting dalam bergeraknya roda kehidupan para santri di pondok. Mereka adalah kaki tangan musyrif/musyrifah untuk mengatur keseharian santri di sektor rayon yang terdiri dari beberapa kamar.

Istilah mudabbir ini disematkan kepada santri kelas XI sebagai pembimbing atau pengurus di kamar santri. Menjadi mudabbir tentu bukan hal yang mudah, pasalnya mereka dituntut menjadi sosok orangtua bagi para santri di usia mereka yang masih dini.

Ketika mereka memutuskan menjadi seorang santri, tentu mereka harus siap dengan segala sesuatu yang akan mereka hadapi. Tantangannya tentu berbeda dengan mereka yang belajar di sekolah pada umumnya. Selain mengaji, belajar di kelas, dan mengikuti ekstrakurikuler. Para santri dibekali berbagai pelajaran kehidupan yang sangat berharga bagi masa depan.

Termasuk menjadi sosok mudabbir, salah satu pengalaman paling berharga yang santri dapat saat mondok. Apa saja tugas mudabbir?. Mereka diberi amanat untuk membimbing para santri di kamarnya masing-masing dengan memecahkan berbagai permasalahan para santri di kamar, mengenali berbagai karakter santri yang datang dari berbagai daerah dan latar belakang yang berbeda.

Untuk menjadi seorang mudabbir yang cakap, tentunya tidak cukup bermodalkan kemauan dan semangat saja, dibutuhkan ketrampilan dan teknik khusus. Mengingat tugas dan tanggung jawab mudabbir yang berat, PR IPM MBS Putra mengadakan pembekalan bagi calon mudabbir. Acara bertajuk “Mencetak mudabbir yang disiplin, intelek, dan berjiwa sosial di era millennial” tersebut diadakan di masjid AlBirr dan diikuti seluruh calon mudabbir kelas XI. Beberapa materi utama disajikan, diantaranya, Islam dan Muhammadiyah, Problem solving, Leadership dan Forum Group Discussion. Dengan kegiatan ini diharapkan, mudabbir mengenal fungsi dan tugasnya, sehingga paham apa yang harus dilakukan setahun ke depan.(ElMoedarries)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *