Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Markas Komando PPM MBS Sleman Yogyakarta mulai dari tanggal 23 Mei 2022 hingga 27 Mei 2022 melaksanakan kegiatan DIKLATSAR (Pendidikan dan Latihan Dasar) bagi para personil baru. Pembukaan kegiatan DIKLATSAR KOKAM secara resmi dibuka oleh Komandan KOKAM Sleman, Marwan Hameed di depan halaman kampus putra, Senin, 23 Mei 2022 kemarin.

Marwan Hameed dalam sambutannya  mengatakan bahwa kegiatan DIKLATSAR ini tidak hanya membangkitkan kembali ghirah ber KOKAM, tetapi juga menyiapkan kader yang tangguh secara fisik namun tangguh pula secara intelektual. Lebih dalam beliau juga menyinggung tentang kilas balik sejarah berdirinya KOKAM. Lahirnya KOKAM tidak terlepas dari semangat amar makruf nahi munkar dan sumbangsih Muhammadiyah kepada NKRI, imbuhnya. Salah satunya mendirikan KOKAM untuk menjaga stabilitas keamanan negara yang pada waktu itu dalam kondisi memanas akibat kudeta PKI,”tegasnya.

Pelaksanaan kegiatan DIKLATSAR akan berlangsung selama 5 hari, bekerja sama dengan BPO (Badan Pengurus Operasional) Sleman selaku pembina dan pelatih dalam giat pendidikan dan latihan dasar KOKAM. Berbagai materi dan keahlian yang diberikan kepada para personil  beraneka ragam mulai dari materi keislaman, KOKAM, KeMuhammadiyahan, Ketangkasan, PBB dan tadabbur alam.

Materi dan berbagai keahlian ini kemudian akan menjadi bekal para personil KOKAM yang baru bergabung dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai anggota KOKAM MBS pasca pelaksanaan DIKLATSAR tersebut. Ketua Panitia DIKLATSAR, Albi Hukama mengatakan “para personil baru yang mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan dasar ini berjumlah 174 orang dari kelas 10,” ungkapnya. “Kegiatan DIKLATSAR pada hari pertama sampai dengan hari ke empat dilaksanakan di Kampus MBS selebihnya out door. Harapan kami adalah dengan adanya personil-personil baru yang tergabung dalam KOKAM MBS akan mencetak kader yang siap membela agama, bangsa dan negara serta berguna bagi sesama,”tutupnya.(elMoedarries)

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *