SMA MBS TERPILIH MENJADI PILOT PROJECT PROGRAM AKSELERASI SEKOLAH UNGGUL

Prestasi membanggakan diraih oleh SMA MBS Prambanan Sleman, melalui Surat Keputusan Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 110/KEP/I.4/A/2021 tentang Penetapan Sekolah/ Madrasah Muhammadiyah Untuk Program Akselerasi SMA/MA Unggul.

SMA MBS Prambanan Sleman ditetapkan sebagai salah satu dari 1000 SMA/MA Muhammadiyah di seluruh Indonesia sebagai pilot project program akselerasi sekolah unggul.

Hal itu diungkapkan Tim Penjamin Mutu Sekolah Muhammadiyah Pimpinan Pusat Muhammadiyah, ustaz Agus Yuliyanto, M. Pd. Program Sekolah Unggul yang dicanangkan Muhammadiyah ini prosesnya melalui beberapa seleksi. Dari sekitar 1000 sekolah SMA/MA Muhammadiyah yang kita jadikan sampel, akhirnya mengerucut menjadi 11 sekolah yang kita pilih. Tentunya, sekolah yang kita jadikan piloting telah memenuhi syarat dan kriteria yang kita tentukan.

Dari beberapa kriteria tersebut diantaranya, prosentase jumlah peserta didik yang diterima di berbagai Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur UTBK, terangnya.

“Sebagai piloting project sekolah unggul, saya berharap SMA MBS bisa menjadi sekolah percontohan, yang mampu  merealisasikan ciri khas pendidikan Muhammadiyah yang unggul, holistik dan bertata kelola, baik yang didukung oleh pengembangan iptek dan litbang sebagai wujud aktualisasi gerakan dakwah dan tajdid dalam membentuk manusia yang utuh sebagaimana tujuan pendidikan Muhammadiyah”, ungkap ustaz Agus.

Selain SMA MBS, ada sepuluh SMA/MA Muhammadiyah lainnya yang terpilih menjadi piloting project sekolah unggulan, yakni SMA Muhammadiyah Kota barat Solo, SMA TrenSains Muhammadiyah Sragen, Madrasah Muallimat Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Madrasah Mu’allimin  Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, SMA Ahmad Dahlan Metro Lampung, SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul, dan SMA Taruna Muhammadiyah Muntilan Magelang.

Kepala SMA MBS, ustaz Roiq, Lc. menyampaikan rasa suka citanya atas terpilihnya SMA MBS Sleman menjadi pilot project sekolah unggulan. “Alhamdulillah kami bersyukur dan berterimakasih karena SMA MBS mendapat kepercayaan menjadi salah satu sekolah pilot project sekolah akselerasi. Dengan terpilihnya SMA MBS merupakan proses bagi kami menuju sekolah yang lebih unggul dan berkualitas,” ujar Kepala SMA MBS.

Menurut ustaz Roiq, sekolah yang dipimpinnya tersebut telah mengalami peningkatan kompetensi kelulusan siswanya, baik dari jumlah siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri maupun di Timur Tengah tiap tahunnya.

Ustaz Roiq berharap, SMA MBS tetap komitmen dalam meningkatkan mutu sekolah untuk dapat mencetak generasi-generasi penerus yang berprestasi. “Semoga diberikan kelancaran dan kemudahan serta bisa menebar manfaat kepada sekolah-sekolah yang lain,” harapnya.(ElMoedarries)

 

 

elmoehammadiy

elmoehammadiy

Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *