SEMARAK MILAD MBS KE-13, KESISWAAN: SEMUA SANTRI BISA BERPARTISIPASI

Menyambut milad ke-13, Pondok Pesantren MBS Sleman Yogyakarta menggelar berbagai perlombaan secara daring. Semarak milad MBS yang diinisiasi bagian kesiswaan ini mengusung tema “Bring your self better with Allah SWT”. Perlombaan yang digelar secara maraton tersebut diperuntukkan seluruh santri MBS.

Ustadz Ikhwan Anshori selaku kabag kesiswaan menjelaskan bahwa kegiatan perlombaan tersebut digelar dalam rangka menyongsong milad pondok yang kini berusia 13 tahun. Menurutnya memasuki usia tersebut, sekolah masih harus terus berbenah, meneguhkan positioning guna meningkatkan kepercayaan masyarakat.

“Walaupun peserta lomba hanya internal santri MBS saja, tentunya kegiatan ini bukan semata-mata untuk seremonial saja, tetapi juga sebagai ajang untuk mewadahi bakat santri”, jelasnya. Ia menambahkan, jenis lomba yang diadakan kita bagi menjadi dua kriteria. Yang pertama lomba yang wajib diikuti oleh perwakilan tiap kelas dan lomba yang tidak wajib diikuti perwakilan tiap kelas. Ada 10 jenis lomba yang sifatnya wajib dan 4 lomba yang tidak wajib diikuti.

Ustadz Eko Sugiarto, selaku koordinator lomba menjelaskan teknis pelaksanaan lomba. “Pendaftaran sudah kita mulai sejak tanggal 22 Desember 2020– 05 januari 2021. Kemudian peserta wajib memfollow instagram@kesiswaanmbsyk sekaligus mendaftarkan diri melalui link dan mengunduh juknis yang telah disediakan,” jelasnya.

Ustadz Eko menambahkan bahwa tanggal 01 januari 2021 karya sudah bisa dikumpulkan sampai dengan 15 januari. Tanggal 16 – 18 januari proses penjurian dan terakhir tanggal 20 januari pengumuman hasil lomba.

Adapun, untuk lomba yang wajib diikuti ragamnya antara lain, Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ), Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqoh tartil Quran (MTtQ), Adzan, Pidato bahasa Indonesia, Ismu In English, Ismu In Arabic, Kaligrafi, Cipta Puisi dan Baca Puisi. Sedangkan cabang lomba yang tidak wajib diikuti diantaranya, Cerita Pendek, Design logo Milad MBS ke-13, Jingle Lagu Milad MBS ke-13 dan seni tapak suci.

Ustadz Eko mengharapkan bahwa kegiatan perlombaan secara daring seperti ini mampu memunculkan talenta dan bakat-bakat baru santri serta meningkatkan motivasi belajar para santri. Pasalnya, santri sekarang sedang menempuh pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah. (ElMoedarries)

 

 

elmoehammadiy

elmoehammadiy

Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *