MUNAQASYAH TAHFIDZUL QUR’AN

SD Muhammadiyah MBS Prambanan sejak awal berdiri berkomitmen memberikan pendidikan yang seimbang seperti halnya Pondok Pesatren Modern Muhammadiyah Boardhing School (MBS) Sleman Yogyakarta. Yaitu pendidikan yang mengusung seimbang di ilmu umum dan ilmu agama. Sehingga kurikulum yang digunakan selain kurikulum dinas dan kurikulum ISMUBA (Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab), SD Muhammadiyah MBS Prambanan menambah kurikulum khas Pesantren. Kedepannya kurikulum di SD Muh MBS Prambanan terintegrasi dengan kurikulum di Pesantren MBS sehingga materinya bersambung dari SD, SMP dan SMA.

Dalam kurikulum agama siswa mendapatkan ilmu agama yang lebih, diantaranya dalam bidang Aqidah, Akhlaq, Ibadah, Hadist, Al Qur’an ditambah dengan materi hafalan Hadist, Mahfudzat dan juga Al Qur’an. Semua materi dikemas dengan menyesuaikan dengan dunia anak-anak dan lebih kepada menitik beratkan kepada pembentukan karakter, yang sejalan dengan Visi SD Muhammadiyah MBS Prambanan yaitu Terwujudnya Generasi Unggul dan Berkepribadian Islami. Karakter Islami ini menjadi target utama di SD Muhammadiyah MBS Prambanan.

Salah satu unggulan di SD Muhammadiyah MBS Prambanan adalah hafalan Al Qur’an. Tidak hanya sekedar hanya sebatas program dan juga formalitas saja akan tetapi tuntas membaca Al Qur’an dan Tahfidz benar-benar menjadi perhatian yang sangat serius di SD Muhammadiyah MBS Prambanan. Sehingga disetiap tingkatan kelas sudah dibuat target dari kelas 1  sampai kelas 6. Target hafalan Al Qur’an di SD Muhammadiyah MBS Prambanan adalah 2 Juz yaitu Juz 29 dan 30. Dari target tersebut yang menjadi prioritas sampai tingkat Mutqin (hafalannya bagus) di Juz 30 saja. Jika dari Juz 30 ini sudah dinyatakan bagus oleh ustadz atau ustadzah pengampu tahfidz maka boleh melanjutkan Juz 29. Bagi yang sudah selesai 1 Juz maka akan dilakukan Uji Publik dan Wisuda Tahfidz.

Untuk bisa ikut Wisuda siswa harus melalui Munaqasyah  tahfidz 1 Juz, pengujinya adalah dari ustadz/ah dari PPM MBS Sleman Yogyakarta. Pada munaqasyah ini seluruh siswa diuji hafalannya dari Surat An Naba’ sampai An Nas dalam sekali duduk. Bagi siswa yang lulus maka layak untuk ikut wisuda tahfidz sedangkan yang belum maka ada remedial, harus mengulang hafalan yang masih belum lancar dihari yang lain. Pada hari Jum’at, 15 November 2019 seluruh siswa kelas 5 yang berjumlah 45 anak telah melangsungkan Munaqasyah. Pada kegiatan Munaqasyah ini yang dipimpin oleh Ustadz Dimas selaku koordinator Tahsin dan Tahfidz bersama tim telah menyiapkan instrument penilaian Tahfidz. Sedangkan untuk pengujinya SD Muhammadiyah MBS Prambanan mengggandeng Kepala Bagian Tahfidz Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Sleman Yogyakarta yaitu ustadzah Sri Nurahmi, beliau yang mengelola Program Tahfidz Khusus di MBS. Sehingga ini menjadi tantangan tersendiri bagi siswa-siswi yang menjadi peserta munaqasyah. Karena hafalan qur’annya disetorkan kepada orang lain.

Munaqasyah diawali dengan pembukaan terlebih dahulu, pada pembukaan ini ustadzah Rizana Avida selaku waka kurikulum memberi motivasi, Ustadzah Riza berpesan, tetap semangat tunjukan kemampuan yang terbaik. Yang belum ikut tetap berusaha jangan kecil hati. Sopan ketika menghadap penguji beri salam dan tersenyum. Ini adalah pembuktian bahwa jika dulu suka bekerja keras selalu berusaha dan pasti akan menuai hasilnya. Karena Allah Subhanahu wata’ala melihat proses atau usaha  seorang hamba.

Setelah acara pembukaan selesai, siswa-siswi diberi penjelasan tentang tekhnis pelaksanaan munaqasyah oleh ustadz Dimas. Sembari menunggu giliran maju setoran, siswa-siswi berkumpul membentuk halaqah-halaqah untuk saling menyemak hafalan qur’annya. Hari yang membuat berdebar peserta munaqasyah. Sehingga waktu yang ada mereka gunakan untuk memegang mushaf-mushaf Al Qur’an halaman demi halaman mereka buka dan dibaca, lalu ditutup mushaf dan memejamkan mata sambil mengulang ayat demi ayat Al Qur’an yang dihafal dihadapan temannya, ada juga yang menghafal sambil tiduran. Suasana hari itu lantunan ayat suci Al Qur’an terus bergema di Masjid Al Birr masjid yang berada di komplek sekolah. Alhamdulillah siswa yang berjumlah 45 anak 98% semua lulus dengan nilai yang bagus rata-rata nilainya adalah B. Setelah munaqasyah tahapan selanjutnya adalah Tasmi’ Akbar, yaitu mereka murajaah bersama dihadapan orang tua Wali mereka. Setelah tasmi’ Akbar baru akan dilaksanakan Wisuda Tahfidz dan Uji Publik.

Rangkaian ini adalah wujud dari komitmen SD Muhammadiyah MBS Prambanan untuk mebentuk insan yang berakhlaq Islami dan berjiwa Qur’ami dan suara-suara penghafal Qur’an anak-anak yang insya Allah menjadi hujjah kelak dihadapan Allah. Dan semoga siswa-siswi SD Muhammadiyah MBS Prambanan mampu menjadikan Al Qur’an sebagi pedoman hidup mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *