SANTRI MBS UKIR PRESTASI DI OLIMPIADE KITAB KUNING FORSIPP SLEMAN

Alhamdulillah, prestasi demi prestasi diraih oleh santri PPM MBS Sleman Yogyakarta. Kali ini para santri memborong piala Olimpiade Kitab Kuning tingkat Kabupaten Sleman yang diselenggarakan oleh Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FORSIPP) Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman,(Ahad, 25/8).

Gelaran lomba yang dihelat di Pondok Pesantren Diponegoro, Sembego, Maguwoharjo, Depok Sleman ini diikuti ratusan peserta yang didominasi para santri dari perwakilan pondok pesantren di Kabupaten Sleman. Mengirimkan 18 santri terbaiknya, MBS berhasil membukukan hasil memuaskan setelah sukses meraih 10 medali.

Adalah Akmal Alhadi dan Aura Mutiara Faridl, santriwan dan santriwati MBS berhasil meraih juara 1 untuk kategori kitab Nahwu marhalah wustha dan ulya setelah mendapatkan point tertinggi. Bersaing dengan para kompetitor dengan segudang pengalaman di bidang kitab turots tidak membuat mental santri yang masih duduk di kelas XII ini kendur.

Membaca dan memahami kitab klasik Kifayatul ashab fi khali nadzmi qowaidul I’rab, karya Syaikh Zaini bin Muhammad Uzair, Akmal sukses membuat dewan juri bersepakat untuk memberikan nilai tertinggi kepadanya. Pun demikian dengan Aura, maju di marhalah ulya, santriwati kelas XII IPA 3 ini juga melangkah mulus  membaca kitab yang identik dengan sebutan kitab kuning atau kitab gundul dengan mendapatkan nilai terbaik.

Sementara itu juara 2 diperoleh santriwan atas nama Hudalil Muttaqin, Iflah Anugerah Ramadhan dan Azmi Taqiyuddin Robbani. Huda, yang maju di marhalah wustha bidang keilmuan akhlak kitab Minhajul Abidin harus puas menjadi runner up. Iflah juga menjadi runner up setelah hanya mampu menempati posisi kedua kategori marhalah ula kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al Ghazali.

Untuk juara ke tiga dipersembahkan oleh Amrul Mubarokil Akbar, Ahmad Faqih Hidayat, Jundi Abdurrahman, Salma Nurhidayah dan Aushaf Nabila Farahdhiya. Prestasi ini membuktikan bahwa MBS merupakan pesantren yang serius dalam membina bakat santri dalam penguasaan khazanah keislaman. Semoga dengan hasil ini akan membangkitkan semangat dan motivasi bagi santri lainnya untuk berprestasi. Dan bagi para juara, terus belajar dan jangan cepat puas. Mudah-mudahan kelak menjadi ilmuan yang ilmunya bermanfaat.(ElMoedarries)

 

DAFTAR PEROLEHAN MEDALI OLIMPIADE KITAB KUNING FORSIPP SLEMAN SANTRI PPM MBS SLEMAN YOGYAKARTA 2019

NO NAMA KELAS MARHALAH CABANG JUARA
1 IFLAH ANUGERAH. R 10 MIPA 1 ULA AKHLAK 2
2 AZMI TAQIYUDDIN. R 10 MIPA 1 ULA NAHWU 2
3 HUDALIL MUTTAQIN 11 IPA 3 WUSTHA AKHLAK 2
4 SALMA NURHIDAYA 10 MIPA 4 WUSTHA AKHLAK 3
5 JUNDI ABDURRAHMAN 11 IPS 2 WUSTHA FIQIH 3
6 AKMAL ALHADI 12 IPA 1 WUSTHA NAHWU 1
7 AMRUL MUBAROKIL. A 12 IPS 2 ULYA NAHWU 3
8 AURA MUTIARA FARIDL 12 MIPA 3 ULYA NAHWU 1
9 AHMAD FAQIH HIDAYAT 12 IPA 1 ULYA AKHLAK 3
10 AUSHAF NABILA. F 12 MIPA 4 ULYA AKHLAK 3

 

 

elmoehammadiy

elmoehammadiy

Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *