Ujian Kenaikan Tingkat Tapak Suci

 

Kamis 6 September 2018 Ekstra kurikuler wajib Tapak Suci (TS) Putri MBS Sleman Yogyakarta mengadakan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT). Dibawah asuhan ustad Widodo dan ustad Latif sebagai pengampu TS di MBS. Kegiatan berlangsung lancar dan sesuai dengan agenda yang telah direncanakan.

Ujian ini dilakukan bertujuan sebagai upaya pengkaderan di Tapak Suci. Tahapan demi tahapan diikuti oleh santri yang masih ada di tingkat dasar, tingkat 1, 2 dan tingkat 3. Mulai dari ujian tertulis yang menguji seberapa jauh pemahaman dan penyerapan materi yang telah diajarkan dan kekpada santri juga di wajibkan untuk membuat semacam makalah.

Ujian praktek penguasaan jurus menjadi tahapan selanjutnya yang harus di jalani, mulai dari jurus tingkat 1, 2, 3 dan 4.Sebagai puncak acara adalah di lakukan uji mental dan fisik yang dilakukan saat malam hari di alam terbuka di sekitar pondok, dibawah pengawasan pimpinan daerah Tapak Suci 03 Sleman sebagai penguji dan penilai. Bagi santri yang telah menyelesaikan tahapan demi tahapan dengan baik maka akan mendapatkan ijazah kenaikan tingkat TS.

Saat di hubungi redaksi Ustad Widodo menjelaskan  bahwa setelah santri memeperoleh kenaikan tingkat santri tingkat ahir amkan mengikuti diklat lanjutan sebagai bentuk pemantapan materi dan kesiapan mental. hal ini di melakukan karena santri tingkat ahir akan menjalani serangkaian pengabdian selama di MBS. Tahapan-tahapan ini juga berlaku di tapak suci Putra MBS yang sudah terlebih dahulu menjalankannya pungkasnya. (Red.Zam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest