Workshop Muadalah ke Timur Tengah

Pagi itu Sabtu 25 Agustus 2018 Pondok pesantren MBS Sleman Yogyakarta melakukan acara workshop Muadalah ke Timur Tengah. Kegiatan muadalah atau yang familiar kita kenal sebagai akreditasi atau persamaan ijazah ini dilakukan untuk universitas Islam Madinah dan universitas Al-Azar Kairo Mesir.

Kegiatan ini terselenggara sebagai tindak lanjut dari penjajakan langsung yang beberapa waktu yang lalu telah dilakukan oleh MBS di dua universitas tersebut. Wakil dari pondok adalah ustad Muhamad Taufik, Lc.M.Pd di Universitas Islam Madinah Maret 2017 lalu dan ustad Nasirul Ahsan Lc. di universitas Al-Azar Mesir pada Desember 2017. Selain itu pondok MBS juga melakukan studi banding langsung ke pondok-pondok pesantren yang sudah melakukan muadalah ke Timur Tengah terlebih dahulu.

Workshop Muadalah dipimpin langsung oleh ketua muadalah yaitu ustad M. Taufik, Lc.M.Pd bersama bagian kurikulum syar’i. Hadir sebagai peserta adalah ustadz dan ustazah pengampu mapel sar’i. Dalam sambutannya ustad Taufik menjelaskan tujuan dan harapan pondok dari kegiatan muadalah kedepan. Beliau mengharapkan bahwa kegiatan muadalah yang insyaalah dilakukan di bulan Desember 2018 dapat berjalan sukses dan MBS mendapatkan pengakuan standar pembelajaran yang sama dengan dua universitas diatas. Acara dilanjutkan dengan pembagian tugas kepada masing-masing guru untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kelengkapan pembelajaran seprti RPP dan silabus serta kelengkapan lainnya yang dipandu oleh ustazah Euis N, S.Pd.I. Semoga usaha pondok MBS dapat diijabah oleh Allah SWT, sehingga santriwan santri wati yang punya keinginan untuk melanjutkan belajar di Timur Tengah dapat lebih mudah untuk diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest