MBS Adakan Pesantren Kilat Untuk Anak-anak SD

Sudah menjadi acara tahunan bagi MBS untuk mengadakan pesantren kilat bagi anak-anak SD sejak 2 tahun yang lalu. Artinya ini adalah kali ke empat MBS mengadakan pesantren kilat atau yang biasa disingkat sanlat. Adapun teknis kegiatan di lapangan semuanya dibawah kendali alumni MBS, mulai dari struktur kepanitiaan hingga penanggung jawab. Kegiatan sanlat ini pun menjadi sarana pengikat ukhuwah antar alumni juga sebagai ajang bagi alumni untuk mengaplikasikan segala ilmu yang telah didapat selama nyantri di MBS pada ladang dakwah masyarakat yang sesungguhnya.

Kegiatan sanlat tahun ini dimulai pada tanggal 6 Juni hingga tanggal 10 Juni. Anak-anak mendapatkan banyak pengalaman selama kegiatan sanlat berlangsung seperti membiasakan diri untuk disiplin dengan sholat lima waktu, tarawih dan dhuha berjama’ah di masjid, belajar bahasa arab-inggris dengan metode yang menyenangkan, juga melahirkan jiwa pemberani untuk unjuk diri serta menghilangkan sifat-sifat pemalu dengan diadakannya lomba-lomba seperti puitisasi Al-Qur’an; pildacil; kaligrafi dan masih banyak perlombaan yang mampu mengembangkan potensi anak. Anak-anak pun belajar siap menghadapi tantangan dan belajar kerjasama antar satu grup dengan diadakannya kegiatan outbond.

Panitia juga membentuk grup halaqoh yang rata-rata berisi 5 hingga 6 orang anak dengan satu ustadz/ustadzah sebagai pembimbing mereka dalam memperbaiki bacaan dan membantu mereka menghafal surah-surah tertentu sesuai tingkatan kelas mereka. Sehingga diharapkan anak-anak ketika pulang ke rumah nanti mempunyai bekal hafalan yang tidak dimiliki oleh anak-anak seusia mereka lainnya. Halaqoh dilaksanakan dua kali sehari yaitu seusai sholat shubuh berjama’ah dan seusai shat tarawih berjama’ah.

Kegiatan sanlat ditutup pada hari ahad tanggal 10 juni dengan dihadirkan pendongeng kak dani yang disaksikan oleh seluruh anak-anak peserta sanlat juga orang tua mereka masing-masing, disambung dengan pembagian hadiah bagi para juara lomba dan penampilan dari peserta sanlat yang telah diseleksi pada malam harinya.

Pada kesempatan ini pula tentu para orang tua terharu sekaligus bersyukur menyaksikan penampilan sederhana anak-anak mereka dan menyambut kembali buah hati mereka setelah lima hari belajar nyantri di MBS Sleman Yogyakarta.

Ditulis oleh : Rosty Hanifa Salsabila ( Alumni PPM MBS Angkatan V )

elmoehammadiy
Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest