Pagi hari sekitar pukul 08.00 wib, Rabu (03/01/2024), ratusan santri sudah berkumpul di masjid At-tanwir PPM MBS Yogya. Mereka mengikuti sosialisasi “Program Akselerasi”. Sosialisasi “Program Akselerasi” ini disampaikan oleh Ustazah Rulli Aurilia Oktapina, S.Pd. Dalam paparannya, ia menyampaikan bahwa program akselerasi ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Ia bersama tim harus ke Jakarta untuk belajar terlebih dahulu ke sekolah unggulan nasional sebelum program akselerasi diterapkan di MBS. “Sejarah akselerasi ini cukup panjang. Bersyukur anda bisa menikmati dan mengalami program akselerasi ini. Sebab angkatan sebelumnya belum ada. Tidak semua pondok berani menerapkan program akselerasi ini. Alhamdulillah MBS Yogya berani menerapkan program ini karena program ini adalah yang paling ideal untuk diterapkan di MBS.”
Lebih lanjut Ustazah Rulli juga menerangkan tujuan dari program ini adalah pemadatan materi untuk persiapan santri kelas XII masuk di perguruan tinggi terbaik melalui SNBT atau ujian mandiri. Kedua, program ini bertujuan untuk membekali santri berupa materi dasar saat mengikiuti kuliah khususnya di Timur Tengah nanti.
Dalam penerapan program akselerasi ini, MBS juga menggandeng “Smart Educafe” yang akan memberikan pelajaran pada pukul 13.00- selesai. Smart Educafe adalah lembaga yang berkonsentrasi pada persiapan dan pelatihan untuk mempersiapkan sukses masuk perguruan tinggi negeri. Dalam program akselerasi nanti, akan ada tiga kelas saintek, dua kelas soshum (sosial humaniora) dan satu kelas Timur Tengah. Pembagian kelas ini didasarkan pada minat siswa kelas XII pada studi lanjut.
Pembelajaran kelas akselerasi ini dijadwalkan dua bulan yakni bulan Januari hingga Februari 2024. Perubahan kurikulum pada program akselerasi nanti adalah saat ujian akhir, santri mengikuti struktur kurikulum akselerasi. “Nanti Ananda akan menggunakan buku akselerasi sesuai dengan peminatan kalian.Ujian pun didasarkan pada buku modul akselerasi itu.”
Usai presentasi dan pemaparan, acara sosialisasi ditutup dengan diskusi dan tanya jawab dengan santri. Acara sosialisasi program akselerasi ini usai pukul 09.00 wib [Arif Yudistira]

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://mwa.ipb.ac.id/-/slot-gacor/ https://sipil.ft.uns.ac.id/wp-content/plugins/