Serangkaian kegiatan P-5 sudah diadakan sejak (19-24/8/2023). Pada Kamis (24/8/2023), kegiatan P-5 pun akhirnya ditutup dengan pembagian hadiah dan acara nonton bareng (Nobar) film pendek karya siswa kelas X dan juga pembagian hadiah.

Para siswa berkumpul di Pendopo Joglo Santri Putera MBS. Mereka sudah berkumpul sejak pagi menunggu acara nonton bareng karya mereka. Dalam waktu hanya tiga hari, ternyata anak-anak bisa kreatif dan memanfaatkan waktu dengan sangat baik untuk membuat karya bermutu.

Ada sekitar sepuluh kelas yang mengikuti lomba film pendek ini. Dalam kegiatan tersebut, para siswa antusias dan saling memberi apresiasi terhadap film pendek dari kelompok lain tentang “bahaya bullying”. Ustazah Lisa selaku Koordinator Panitia  yang juga ikut menonton bareng film pendek yang dibuat anak-anak merasa senang melihat karya dan kreativitas anak-anak. “mereka diberi waktu singkat, tetapi mampu menghasilkan karya yang keren-keren.”

Juara 1 untuk kategori film pendek dipegang oleh kelas XF. Film pendek tersebu berjudul “Bangkit”. Dalam film ini dikisahkan sekelompok anak yang suka membully teman-temannya. Si Anak yang dibully tidak membalas dan merasa tersakiti. Tetapi Si Anak kembali bangkit saat ada temannya yang peduli dan tidak menggubris bulyyan teman lainnya. Ia pun menampik bullyan dari teman-temannya dengan kalimat positif. Kekuatan cerita dan juga akting para santri mampu memukau juri.

Sementara juara 2 film pendek dimenangkan oleh kelas XE. Film pendek yang dilombakan berjudul “Karma”. Mereka kelas XE berharap para penonton setelah menonton ini bisa bekerja bersama agar kampanye anti bullying harus terus dijalankan agar sekolah aman dan nyaman.” Karma dianggap mampu memberi pesan kuat tentang gerakan “anti” bullying.

Dalam kategori lomba essay, pemenang 1 dimenangkan oleh kelas XC kelompok 2. Esai mereka bertajuk “Pengaruh Bullying pada Kesehatan Mental”. Sementara juara 2 dipegang oleh kelas XF kelompok 4 dengan esai bertajuk “Peranan Pondok Pesantren dalam Meminimalisir perilaku Bullying”.  Sedangkan untuk kelompok putri, juara 1 dipegang oleh kelas Xi kelompok 4. Esai tersebut bertajuk “Sepatah Katamu Berakibat Fatal Bagi Orang Lain”. Sementara juara 2 dipegang oleh kelas XK kelompok 2 dengan judul “Nepotisme dalam Lingkungan Pondok, Apakah pemicu Bullying?”

Salah satu santri yang turut serta dan hadir pada saat itu Arkhan menyatakan bahwa “kegiatan ini pesannya sangat kuat yakni bahwa membuli akan yang merusak ke aspek yang lain.”

Acara Nonton Bareng [Nobar] dan pembagian hadiah pun berakhir pada pukul 11.10 Wib. Para santri merasa senang dan mendapatkan banyak ilmu dari kegiatan ini.(Arif)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://mwa.ipb.ac.id/-/slot-gacor/ https://sipil.ft.uns.ac.id/wp-content/plugins/