Sebanyak 68 siswa Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta mengikuti Olimpiade Sains nasional (OSN) tingkat kabupaten/Kota. OSN-K tingkat SMA/MA ini dilaksanakan serentak secara Nasional selama dua hari, yaitu tanggal 5-6 April 2023. Adapun bidang yang dilombakan dalam OSN tahun 2023 meliputi 9 (sembilan) bidang keilmuan yang terdiri dari mapel Biologi, Fisika, Ekonomi, Geografi, Astronomi, Informatika, Kebumian, Matematika, dan Kimia.

Sesuai jadwalnya bahwa hari pertama, Rabu tanggal 5 April 2023, dilaksanakan untuk tingkat kabupaten/kota dengan mata pelajaran yang diujikan adalah Biologi, Fisika, Ekonomi dan Geografi. Sementara hari kedua yang berlangsung hari Kamis, 6 April 2023 sebanyak lima mapel diujikan yaitu, Astronomi, Informatika, Kebumian, Matematika , dan Kimia.

Kegiatannya dilaksanakan secara daring dan dikoordinir dari masing-masing sekolah penyelenggara. Tetapi sesuai arahan Pedoman Pelaksanaan, setiap kabupaten kota melaksanakan OSN-K dengan sistem pengawasan silang. Artinya, peserta yang mengikuti tes diawasi langsung oleh petugas pengawas yang berasal dari sekolah lain melalui surat tugas dari Kepala Cabang Dinas di wilayah masing-masing.

SMA MBS sebagai salah satu sekolah penyelenggara yang berada di Kabupaten Sleman mengikuti seluruh mata pelajaran yang dilombakan. Sebanyak 68 orang siswa-siswi dari kelas 10 dan kelas 11 diikutkan, bahkan MBS mengirimkan 25 peserta dari jenjang SMP.

Salah seorang dari peserta, yakni Muhammad Fasya Atthaya Rosyada yang merupakan siswa kelas 10 MIPA 1 mengatakan bahwa kami sangat bersemangat untuk mengikuti kegiatan OSN ini karena adanya dukungan yang besar dari pihak sekolah dan juga orang tua. Ketika ditanya tentang sistem pengawasan silang, Fasya mengatakan ini sangat bagus karena kami dapat lebih fokus diawasi oleh guru dari sekolah lain.

Hal senada disampaikan juga oleh Aisyah Putri Khoirunnisa. Persiapan telah dilakukan oleh pembimbing setiap mata pelajaran. “Kami telah berusaha semaksimal mungkin, selain pembimbingan dengan guru mata pelajaran, kami juga belajar bersama secara mentoring dengan teman sebaya dan juga belajar mandiri di asrama dengan banyak berlatih soal-soal OSN tahun sebelumnya. Tidak lupa berdoa dan mohon dukungan dari semuanya,”tutur Aisyah siswi kelas 10 MIPA 5 yang mengikuti OSN mata pelajaran Biologi.

Salah seorang panitia lomba OSN, ustadz Wahyu Hidayat, S. Pd.Si menyampaikan bahwa siswa-siswi yang diikutkan ini sudah melalui proses seleksi di tingkat sekolah sehingga sangat diharapkan diantara mereka ada yang dapat mewakili Kabupaten Sleman ke tingkat Provinsi.

Kepala SMA MBS ustadz Roiq, Lc, ketika ditemui mengatakan bahwa pelaksanaan OSNK di SMA MBS selama dua hari ini alhamdulillah berjalan lancar dan cukup menantang bagi santri, dibutuhkan kemampuan literasi dan numerasi yang memadai untuk dapat menjawab soal-soal OSN-K.

“Guru mapel sudah kami tugaskan untuk membimbing siswa secara intensif sebagai upaya persiapan OSN-K tahun ini. Semoga siswa dapat mengerjakan soal dengan baik dan optimis dapat lolos ke tingkat provinsi,”jelas ustadz Roiq.

Adanya pengawasan silang juga sangat efektif dalam memaksimalkan objektifitas pelaksanaan OSNK di masing-masing sekolah pada khususnya dan di Cabang Dinas Wilayah kabupaten Sleman pada umumnya, pungkasnya.(ElMoedarries)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://mwa.ipb.ac.id/-/slot-gacor/ https://sipil.ft.uns.ac.id/wp-content/plugins/