Sabtu (14/10/2023), PPM MBS Yogyakarta kedatangan tamu spesial dari PPM Zam Zam Cilongok Banyumas. Mereka satu rombongan asatidz bersama 23 santrinya belajar di PPM MBS  Program Khusus AR Fachruddin.

Rombongan tiba di PPM MBS AR Fachruddin pada Sabtu pukul 16.00 Wib. Rombongan disambut di Masjid AR Fachruddin. MBS Cilongok studi tiru di PPM MBS tentang pembelajaran Bahasa Arab. “Kunjungan ini dalam rangka studi tiru tentang pengelolaan dan praktik Bahasa Arab di PPM MBS AR Fachrudin”, tutur bidang kema’hadan Ustaz Ridho Al Hikam.

Selama kurang lebih sehari satu malam mereka menginap sekaligus mengamati langsung pembelajaran Bahasa Arab di PPM MBS  Program Khusus AR Fachruddin.

Santri yang dibawa dalam studi tiru ke AR Fachruddin ini adalah para santri kelas XI tingkat SMA untuk menopang penguatan program Bahasa. Ustaz Muhammad Nor Hidayah selaku Ketua Asrama PPM Zam zam Muhammadiyah Cilongok mengatakan “ Di kami, program Bahasa mulai dari SMP kelas VII, VIII dan IX, sementara untuk kelas SMA kita ada di kelas X dan XI. Di tahun ini, kelas XII tidak ada karena kebetulan peminatnya sedikit, kita masukkan ke kelas Da’i.

Penguatan program bahasa ini kita gunakan untuk di kelas. Fokus kita di KBM, selain Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia. Bahasa Arab digunakan di lingkungan keasramaan dan dan KBM memakai 90% Bahasa Arab.” Ustaz Nor juga menambahkan bahwa untuk penguatan Bahasa Asing, di PPM Zam Zam Muhammadiyah juga menggunakan bahasa Jepang di hari Sabtu, dan Bahasa Inggris ada jam tambahan setiap harinya.”

Dalam sambutan di acara penutupan Ahad (15/10/2023), Direktur PPM MBS Yogyakarta Ustaz Fajar Shodiq menyampaikan, “Selamat datang. Sebenarnya rukun bertamu itu tidak hanya kenalan, tetapi mengetahui seluk beluk dari bangun tidur sampai tidur lagi. Yang bertamu ini dari kelas V atau kelas paling tinggi di Program Khusus Zam Zam Muhammadiyah. Harapannya kunjungan silaturahmi ini bisa diambil banyak manfaatnya terkhusus dalam meningkatkan biah lughawiyah (lingkungan berbahasa).

Ustaz Muhammad Nor selaku Kepala Asrama PPM Zam Zam Cilongok, dalam prakatanya juga menyampaikan terimakasih dan takjub, “saya sampai bingung mau menyampaikan apa. Saking bahagianya melihat anak-anak bisa berbahasa Arab dengan lancar.” Ia juga berharap “semoga kami bisa mempraktikkan apa yang kami dapat dari pondok ini kemudian hari bisa dipraktikkan di PPM Zam Zam Cilongok”.

Ibnu, dan Zakki santri dari PPM Zam Zam Cilongok juga menyampaikan kesan mereka. “menyenangkan. Pengajaran di pondok ARF ini sangat bagus sekali. Kami belajar berbicara Bahasa Arab lebih banyak.”

Dalam acara penutupan pada Ahad (15/10/2023) dilakukan pemberian kenang-kenangan dari PPM Zam Zam Cilongok kepada PPM MBS Yogyakarta yang diwakili Ustaz Fajar Shodiq. Rombongan dari PPM Zam Zam Cilongok pun berpamitan dan saling berfoto bersama sebelum meninggalkan PPM MBS Program Khusus AR Fakhruddin pada hari Ahad (15/10/2023) sekitar pukul 10.00 Wib. [Arif Yudistira]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://mwa.ipb.ac.id/-/slot-gacor/ https://sipil.ft.uns.ac.id/wp-content/plugins/