PPM MBS Yogya menggelar kegiatan P-5. Kegiatan P-5 kali ini diorientasikan pada upaya menjaga kearifan lokal. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu 28 Oktober 2023 sampai 2 November 2023 atau selama sepekan. Dalam sepekan itu, anak-anak diajak untuk belajar eksplorasi tentang kearifan lokal atau warisan kebudayaan bangsa seperti Candi Prambanan, Candi Boko, Candi Ijo.

Ustaz Oktadihartoni, S.Pd sebagai ketua kegiatan P-5 mengatakan, kegiatan P-5 tema ke-2 ini adalah salah satu agenda Implementasikan Kurikulum Merdeka. Pesertanya kelas VII, VIII, dan X. Kelas VII mengangkat tema “Suara Demokrasi” ditargetkan pada “Pembuatan Mading”. Kelas VIII mengangkat “Pengemasan Ulang Makanan Khas Nusantara” kegiatan projeknya dengan “Market Day”. Sementara untuk kelas X, mengangkat “Eksplorasi Candi”, dengan kegiatan kunjungan studi ke candi di sekitar MBS Yogya.

Salah satu produk yang akan dijual pada Market Day berbahan ramah lingkungan (Rabu, 01/11/2023)

Santri nampak antusias dan kreatif mengikuti kegiatan ini. Ustaz Oktadihartoni juga berharap kegiatan ini dapat menanamkan dan menguatkan nilai-nilai demokrasi, kebhinnekaan dan menghargai kearifan lokal.

Santri melakukan kunjungan ke Candi Prambanan dalam kegiatan P-5, Selasa (31/10/2023)

Dalam sepekan ini, santri juga diajak untuk bermain permainan tradisional seperti permainan Boi-boian. Anak-anak nampak menikmati permainan ini. Permainan ini juga dipraktikkan kembali untuk menyadarkan anak tentang pentingnya rasa persatuan, sportif dan pengenalan kembali permainan tradisional kepada generasi muda.

Kegiatan P-5 ini ditargetkan bisa menghasilkan produk yang merupakan karya siswa. Karya siswa nanti kelak akan ditampilkan sebelum acara penutupan pada hari Kamis, tanggal 2 November 2023.

Melalui kegiatan P-5 ini, santri diharapkan bisa menguatkan nilai kebhinnekaan, menjaga kearifan lokal dan sadar akan pentingnya menjaga warisan kultural nenek moyang kita. Tujuan dan target dari kegiatan P-5 ini terdapat di buku Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila PPM MBS Yogya [Arif Yudistira]

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://mwa.ipb.ac.id/-/slot-gacor/ https://sipil.ft.uns.ac.id/wp-content/plugins/