PPM MBS Yogya adalah Pondok Pesantren yang rutin mengadakan kegiatan pengajian Islam di lingkungan internal pondok pesantren. Pengajian itu tidak hanya bagi karyawan, pimpinan tetapi juga untuk guru.

Jikamsi atau singkatan dari Pengajian Kamis Siang adalah pengajian rutin yang diadakan oleh PPM MBS Yogya. Pengajian ini biasanya diiisi pemateri dari pimpinan pondok pesantren. Tema kajian pun beragam dari fikih, ibadah dan lain sebagainya.

Hari Kamis ( 23/11/2023), PPM MBS Yogya mengadakan Jikamsi Spesial. Kali ini, Jikamsi diadakan di aula lantai 2 Ki Bagus Hadikusumo. Ada yang spesial pada Jikamsi kali ini. Jikamsi kali ini menghadirkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Jikamsi kali ini mengundang Ustaz Asep Salahuddin, S.Ag, M.PdI. Anggota Divisi Fatwa dan Pengembangan Tuntunan MTT PP Muhammadiyah.

Kajian dimulai pukul 13.00 sampai menjelang asar. Dalam Jikamsi kali ini, Ustaz Asep Salahudin mengangkat tema “Tarjih di Muhammadiyah”. Dalam kesempatan tersebut, Mudir PPM MBS Yogya tertarik dan merasa MBS perlu dan penting untuk mengadakan kajian tarjih ini secara serial dan rutin. “Saya tertarik semoga PP Muhammadiyah bisa rutin dan serial mengupas masalah tarjih ini.”
Ustaz Asep Salahuddin juga memaparkan tentang 5 semangat wawasan tarjih. Pertama, tajdid. Kedua, toleransi. Ketiga, toleransi. Keempat keterbukaan dan kelima tidak berafiliasi terhadap manhaj tertentu.

Jikamsi diikuti ratusan lebih guru dan karyawan. Kajian berakhir jelang salat asar [Arif Yudistira]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://mwa.ipb.ac.id/-/slot-gacor/ https://sipil.ft.uns.ac.id/wp-content/plugins/