Prambanan, 10 Agustus 2023, pukul 09.00 Wib bertempat di Hall Parkir Utara MBS berlangsung acara sosialisasi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau fire extinguisher dalam rangka pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran di kompleks pesantren MBS.  Sosialisasi ini diikuti oleh perwakilan santri serta guru dan karyawan MBS.

Sosialisasi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) ini disampaikan langsung oleh petugas dari CV Caturindo Sentosa Jogja, Bapak Catur Apriyanto dengan penyampaian informasi mengenai pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran. Caturindo Sentosa Jogja merupakan sebuah perusahaan yang fokus bergerak di bidang alat-alat pemadam kebakaran.

Ustadz Didik Riyanta, S. Sos.I, Wakil direktur Bidang KeRumahTanggaan MBS mengatakan, sosialisasi dan simulasi ini dilakukan dalam rangka edukasi pengenalan sejak dini bahaya kebakaran dan cara penggunaan APAR. Pelatihan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada warga pesantren tentang fungsi APAR, juga melatih para santri, guru dan karyawan agar mampu menggunakan APAR dengan tepat dan benar untuk menanggulangi kebakaran dalam skala kecil.

 

“Mengingat lokasi MBS sendiri yang berada di tengah lokasi persawahan warga, apalagi memasuki puncak kemarau yang mengakibatkan terik berlebihan saat siang hari sehingga lebih rentan kebakaran, “terangnya.

Setelah sosialisasi dilanjutkan dengan simulasi Pemadaman Api oleh tim Caturindo Sentosa dibawah pengawasan langsung Pak Catur. Satu persatu perwakilan santri, guru dan karyawan MBS melakukan praktik langsung menggunakan APAR dan cara memadamkan api dengan handuk basah, kain basah, karung basah dan untuk tidak panik memadamkan api dengan benar.

Selain memberikan materi mengenai APAR, Tim Caturindo yang digawangi Bapak Catur juga memberikan ilmu mengenai antisipasi kebakaran dari kebocoran Gas LPG. Apabila terdapat api yang berkobar dari ujung regulator gas elpiji yang tercabut selangnya, cara yang dilakukan dengan menutup lubang regulator dengan ujung jari, dan seketika api padam. Selain itu terdapat penanganan pada Tabung Gas LPG apabila terjadi kebocoran atau mendesis.(ElMoedarries)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://mwa.ipb.ac.id/-/slot-gacor/ https://sipil.ft.uns.ac.id/wp-content/plugins/