Lembaga Studi Lanjut menggelar kegiatan “Tour De Campus”. Acara ini purna digelar pada hari Kamis 26 Oktober 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri kelas XII putra-putri didampingi oleh wali kelas, pembina, Kepala Sekolah SMA, Direktur PPM MBS YK, dan panitia Divisi Motivasi Studi Lanjut.

Koordinator Divisi Motivasi Lembaga Studi Lanjut Ustaz Rifki Yuldi, S.Pd mengatakan, “Tujuan pokok acara “Tour De Campus” dan Outing class kelas XII di Semarang adalah sebagai orientasi studi lanjut santri kelas XII di perguruan tinggi negeri maupun swasta Muhammadiyah. Kesempatan ini juga memberikan informasi kepada segenap santri berbagai pilihan tes seleksi masuk yang harus mereka persiapkan sejak dini untuk menggapai asa studi di PTN maupun PTS. Harapannya, santri mampu sejak dini mengetahui sejauh mana persiapan mereka untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi, jurusan dan fakultas apa yang akan mereka pilih di kemudian hari. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi keluarga PPM MBS YK dengan alumni MBS di area Semarang khususnya.”

Jajaran Pimpinan, Kepala Sekolah dan Santri MBS Yogya berfoto bersama usai “Tour De Campus” di UNIMUS [Kamis, 26 Oktober 2023].

Adapun tempat yang dikunjungi dalam kegiatan Tour De Campus adalah Universitas Diponegoro Fakultas Peternakan dan Hukum, Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus). Santri putera dan puteri pun nampak antusias mengikuti kegiatan ini.

Ustaz Rifki Yuldi juga menambahkan, “Target utama dari kegiatan ini adalah terbukanya hati nurani santri untuk mempersiapkan studi lanjut mereka di PTN atau PTS sebaik mungkin. Karena pada hakikatnya untuk mendapatkan satu kursi di PTN ataupun PTS harus melawan ribuan pendaftar dari berbagai penjuru. Sehingga dibutuhkan kesiapan mental, administrasi, dan teknis terkait kelanjutan studi santri kelas XII di PTN ataupun PTS. Santri juga diharapkan mengenal dan melihat kehidupan mahasiswa di dunia luar tidak sama seperti di dalam pondok. Butuh kematangan emosi dan mental untuk menjalankan itu semua.”

Kegiatan “Tour De Campus” ini dilaksanakan sehari penuh di dua Universitas yakni di UNDIP dan UNIMUS. Ustaz Suryanto, selaku Ketua Lembaga Studi Lanjut mengatakan “Alhamdulillah dari kegiatan ini kita membawa oleh-oleh MoU kerja sama dengan Univ. Muhammadiyah Semarang khususnya di Fakultas Kedokteran. MoU tersebut dapat dimanfaatkan oleh santri dengan beberapa syarat : nilai minimal 87, atau 10 besar pararel, dengan tambahan prestasi bisa masuk kedokteran Unimus tanpa tes.”

[Arif Yudistira]

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://mwa.ipb.ac.id/-/slot-gacor/ https://sipil.ft.uns.ac.id/wp-content/plugins/