Pada hari Senin (08/01/2024), KPPS PPM MBS Yogya menggelar sosialisais DPTb di Aula lt.2 Kompleks PPM MBS Yogya. Acara digelar pada pukul 13.20 Wib-selesai. Dalam acara sosialisasi tersebut hadir Pak Agus Prasetyo dari PPK Prambanan, Mbak Sekar dari PPS Kelurahan Bokoharjo dan Mbak Lulu’dari seksi data di tingkat kecamatan Prambanan.

Dalam paparannya, Pak Agus Prasetyo menyampaikan poin-poin penting mengenai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). “Yang perlu bapak/ibu perhatikan, bahwa nanti akan ada TPS khusus. Walaupun sudah terdaftar di DPTb, anda akan ditempatkan di TPS regular. Anda masuk DPTb, ini disebabkan karena domisili, tugas kedinasan, alasan bekerja, dan lain-lain. Anda nanti akan menjadi pemilih tambahan. Perlu diperhatikan, bahwa nanti karena anda pemilih yang pindah dari domisili, maka hak-hak anda akan berkurang, berkaitan dengan dapil (daerah pemilihan).”

PPK Prambanan juga menambahkan, “bapak ibu juga perlu memperhatikan bahwa selain DPTb, ada pemilih khusus. Pemilih khusus ini belum terdaftar di DPT dan DPTb, nanti ia akan mendapatkan hak pilih sesuai KTP-nya. Daftar pemilih khusus ini hanya bisa memilih setelah adanya waktu tambahan, itu pun bila surat suara masih ada.”

Dalam pertemuan tersebut, PPK Prambanan juga mengingatkan bahwa batas akhir pindah pemilih akan berakhir pada tanggal 15 Januari 2024. Sementara itu, Ketua KPPS MBS Yogya Ustaz Dwi Apriyanto, S.I.P menuturkan “para guru dan juga santri yang terdaftar di DPTb nanti akan melakukan pencoblosan di TPS khusus MBS Yogya.”

KPPS MBS Yogya dibentuk dan bertugas untuk memfasilitasi hak pilih santri dan guru karyawan PPM MBS Yogya yang mengalami kendala dalam menyampaikan hak suaranya. Acara ini digelar untuk memfasilitasi sekaligus memberi ruang bagi tersalurkannya hak pilih guru dan karyawan khususnya di kompleks PPM MBS Yogya. Mengingat pada pemilu nanti, masih ada santri yang tidak mencoblos di rumah masing-masing, sehingga perlu ada TPS untuk memfasilitasi hak pilih mereka.

Mbak Lulu’ selaku seksi data di tingkat kecamatan Prambanan dalam acara ini juga membagikan form yang perlu diisi para guru, karyawan dan santri yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Dalam acara sosialisasi ini, hadir kurang lebih 20-an dari guru, santri dan karyawan PPM MBS [Arif Yudistira]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://mwa.ipb.ac.id/-/slot-gacor/ https://sipil.ft.uns.ac.id/wp-content/plugins/