Bersih memang sesuatu yang harus ditunjukan oleh seorang santri. Selain terkenal dengan pandai berilmu agama, santripun memang harus pandai dalam menjaga kebersihan. Sesuai dengan mahfudzot yang diajarkan:

“Kebersihan sebagian dari iiman.”

Oleh karena itu, santriwan PPM MBS Yogyakarta sering kali dan kerap menjadikan kegiatan ‘Jumat Bersih’ sebagai kegiatan wajib. Selain untuk menjaga kebersihan asrama, pun ini menjadi salah satu cara berolah raga yang tidak terlalu menguras tenaga. Dan jika keadaan sekitar menjadi bersih, maka kegiatan belajar mengajar di pondok akan lebih menyenangkan.

Kegiatan bersih-bersih ini tentunya dikoordinasikan oleh IPMawan Bidang Kebersihan setiap setelah lari pagi atau ketika jam 7. Setidaknya setiap seminggu sekali, ketika hari jumat akan ada piket total satu pondok. Dan bertepatan dengan hari Jumat(8/12/23), satu minggu sebelum perpulangan. Kegiatan bersih-bersih ini mencakup hingga membersihkan lapangan samping asrama Ahmad Dahlan, yang memang sedikit tertinggal dari area pondok yang lain.

Dan untuk hal itu, seluruh IPMawan yang berdomisili Ahmad Dahlan diturunkan langsung untuk membersihkan medan tersebut. Selain karena memang banyak barang rongsokan dan sampah dengan ukuran besar, area tersebut ditakutkan menjadi sarang nyamuk. Mengingat bulan ini sudah masuk ke dalam musim penghujan, maka kerja bakti besar-besaran pun diadakan. Untuk mencegah penyebaran nyamuk demam berdarah.

Allhamdulillah, dari kegiatan kecil yang kita lakukan, dapat menjadikan timbangan amalan kita jatuh berat. Karena dengan keindahan yang kita hasilkan, membuat orang lain bahagia. Dan itu menjadi catatan amal untuk malaikat di pundak kita masing-masing.(PRIMPA)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://mwa.ipb.ac.id/-/slot-gacor/ https://sipil.ft.uns.ac.id/wp-content/plugins/