Bongkar Rahasia Pelayanan Bintang Lima! Karyawan PPM MBS Ikuti IHT Kerumahtanggaan

WhatsApp
Telegram
Facebook

Prambanan – PPM MBS Yogyakarta tingkatkan pelayanan prima dengan mengadakan In House Training untuk karyawan bagian kerumahtanggaan. IHT ini dilaksanakan pada Senin, 15 Desember 2025 di ruang Aula Ki Hadi Bagus Kusumo. Kegiatan yang diadakan oleh bagian Human Resource Development (HRD) ini diikuti oleh seluruh karyawan MBS pusat, SD, maupun MBS ARF baik dari bagian kebersihan, driver, sarpras, maupun keamanan.

IHT dibuka oleh Ustaz Suwardi selaku Wakil Pimpinan Bidang Kerumahtanggaan. Dalam sambutannya Ustaz Suwardi berharap dan mengajak pada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan IHT ini dengan tawadhu dan mematuhi adab serta etika yang baik dalam menuntut ilmu, “Kita harus menjaga adab menuntut ilmu. Meskipun kita sudah mendengar materi yang sama sampai1000 kali, sikap kita yang pertama sampai ke 1000 kali seharusnya sama seperti sikap yang pertama ketika ilmu itu kita dengar. Kita harus membuka hati dan telinga untuk tetap memperhatikan materi yang disampaikan oleh pembicara.”

Setelah pembukaan, peserta dibagi per bagian untuk menerima materi Pelayanan Prima Tenaga keamanan untuk security, materi perawatan aset kendaraan dinas untuk driver, dan praktik meracik chemical dan bahan alat kebersihan untuk bagian kebersihan.

Pondok sangat peduli dengan layanan prima yang harus diterima oleh seluruh warga maupun tamu yang datang ke pondok. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pelayanan, pondok hadirkan pembicara hebat dan berpengalaman dari masing-masing bagian. Mereka adalah Bapak Jauhari dan Bapak Parijo dari PT. Qumiirato Mitra Berkemajuan, Bapak Marwan dari PT. Bengkel Marwan Speed, dan Bapak Akp Eko Yulianto dari PT. Prima Karya Security.

Salah satu peserta IHT, Ibu Tri Hayati dari bagian kebersihan menceritakan pengalamannya mengikuti kegiatan IHT ini. Beliau menyampaikan “Setelah mengikuti IHT ini, saya jadi tahu bahwa ternyata membersihkan ruangan itu ada ilmunya. Kita harus mulai dari bagian atap terlebih dahulu, kemudian dinding, baru terakhir adalah lantai. Kita juga jadi tambah wawasan tentang bahan-bahan yang digunakan untuk membersihkan lantai, kaca, maupun stainles, serta alat-alat yang digunakan juga berbeda-beda.”

Setelah materi pertama selesai, seluruh peserta mengikuti materi 2, yaitu Etika dan Adab Driver, Security, dan Cleaning Service yang diisi oleh Pimpinan Pondok Ustaz M. Fauzan Yakhsya, S. Hum. Beliau menyampaikan bahwa “Setiap pegawai wajib menjaga integritas, kejujuran, profesionalisme, memberikan pelayanan prima, patuh terhadap pimpinan, aturan, dan kode etik profesi yang berlaku, menjaga kewaspadaan dan ketangguhan, serta memberikan teladan yang baik untuk santri maupun sesama pegawai.”

Pelayanan prima bukan hanya sekedar memberikan pelayanan yang cukup, tetapi bagaimana kita memberikan pelayanan melebihi harapan pelanggan. Selain itu, pelayanan prima bukan hanya dilakukan saat di pondok pesantren, lebih dari itu kita juga harus memberikan pelayanan prima di manapun kita berada untuk menginformasikan dan menyebarkan berita baik tentang pondok tercinta.