16 Maret 2023, Hizbul Wathan MBS Yogyakarta Qobilah Jendral Sarbini melangsungkan acara PERKAJU (Perkemahan Kamis-Jumat) sebagai sarana santri untuk berlatih dan bersaing di JAMBORE HW.

Seperti namanya, acara PERKAJU ini dimulai pada hari kamis hingga Jumat tanggal 17 Maret 2023. 11 Regu berbaris rapi di lapangan kelas dengan mengenakan baju coklat khaki dan celana biru tua yang menjadi ciri khas kepanduan Hizbul Wathan, yang terdiri dari santriwan kelas 7,8, dan Takhasus Putra. Kegiatan diawali dengan seremonial pembukaan seraya menancapkan Golok ke bilah kayu yang tersedia.

Kemudian 11 regu tersebut digiring berjalan menuju Perkemahan Banyunibo untuk mengikuti acara inti yaitu mendirikan tenda dengan pengarahan dari Dewan Kerabat HW MBS. Hingga waktu menunjukkan pukul 15.10 peserta didik disuguhi dengan berbagai perlombaan kepanduan diantaranya seperti Lomba Baris berbaris dan juga tebak huruf Semaphore. Perlombaan tersebut berlangsung antusias di kalangan santri. Persaingan bersahabat dan sportif membuat acara tersebut semakin meriah.

Hingga malam pun datang, peserta PERKAJU melaksanakan ibadah sholat maghrib di altar Banyunibo, dilanjutkan dengan membaca surat Al-Kahfi lalu makan bersama.

Tak lama setelah melaksanakan sholat isya, Dewan Kerabat HW MBS Putra mempersiapkan Api Unggun sebagai acara yang dinantikan oleh peserta. Penampilan pentas seni dan juga tebak sandi morse dari berbagai regu membuat acara di malam hari itu semakin hangat dan meriah. Puncaknya peserta menyusuri jalan di malam hari dalam kegiatan jurit malam dengan tujuan memperkuat mental santri dan juga membentuk keimanan yang lebih kuat.

Setelah kegiatan panjang berlalu, peserta beristirahat di tenda masing masing dan menunggu subuh datang.

Di akhir, pembagian hadiah lomba dan bersih-bersih area perkemahan menjadi penutup acara PERKAJU pagi itu.

“Dari PERKAJU saya belajar tentang pentingnya kebersamaan dan juga pengalaman yang luar biasa” tutur Rendra santriwan kelas 8 Putra

“Pas kemah, peserta cukup antusias mengikuti acara kita (HW), terus juga mereka hebat dalam tebak sandi morse dan semaphore, itu jadi hal yang berpengalaman juga buat saya apalagi jurit malamnya” ucap Dzaki Ihsan Fadhillah selaku panitia dan juga Dewan Kerabat HW MBS Putra.

Alwan Syafi selaku panitia acara berharap dengan diadakannya PERKAJU ini, seluruh peserta bisa meningkatkan potensi mereka terutama dalam kepanduan, sehingga HW MBS Putra dapat bersaing di JAMBORE atau JAMDA kedepannya. (MON)

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://mwa.ipb.ac.id/-/slot-gacor/ https://sipil.ft.uns.ac.id/wp-content/plugins/