Tiga santri MBS atas nama Rahmad Setiadi ( XI MIPA 3 ), Rahmat Kurniawan ( XI MIPA 1 ), dan Rafie Faturrahman A.R ( XI MIPA 1 ) lolos seleksi dan terpilih menjadi peserta dalam Pelatihan Da’i Pelajar Muhammadiyah yang diselenggarakan Majelis Dikdasmen-PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY.

Kegiatan yang berlangsung 2-3 Maret 2024 tersebut di gelar di Wisma Sargede, Jln. Pramuka 5F, Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta  dengan di pandu langsung oleh Majelis Tarjih Muhammadiyah dan Lembaga Pengembangan Pesantren Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta.

Tercatat ada 56 peserta dari seluruh cabang IPM se Provinsi DIY yang mengikuti kegiatan ini. Para peserta sebelumnya sudah mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh PD IPM. Seleksi ini bertujuan agar peserta pelatihan adalah orang-orang yang siap mengemban amanah sebagai da’i.

“Tujuan dari pelatihan tersebut adalah membentuk kader Muhammadiyah sebagai kader pendakwah yang siap terjun ke masyarakat,” jelas .ustadz Sidik Nugroho, S. Pd selaku kabag kesiswaan putra.

Dijelaskannya bahwa kaum muda khususnya pelajar mempunyai posisi yang strategis dalam menyebarkan kebaikan yang dikemas dengan berbagai kreasi dan inovasi yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Metode dakwah yang harus dikembangkan saat ini harus mengimbangi perkembangan teknologi, oleh karena itu pelajar Muhammadiyah memiliki potensi besar sebagai agent of change dalam melaksanakan aktivitas dakwah yang lebih variatif.

Dalam program pelatihan dai pelajar Muhammadiyah tersebut, siswa di ajarkan materi pelatihan yang  bervariasi antara lain tata cara membuat kultum, praktik fiqih ibadah praktis, adab da’i Muhammadiyah, adzan dan iqomah serta bimbingan TPA. Melalui materi yang diajarkan tersebut harapannya akan terbentuk kader-kader baru dalam berdakwah sesuai dengan persyarikatan Muhammadiyah dengan menumbuhkan semangat bermuhammadiyah.(ElMoedarries)