Pengurus Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Libya telah menggelar Musyawarah Kerja Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Libya 2024 perdana di Kampus Kulliyah Dakwah Islamiyah, Libya pada Sabtu (17/02/2024).

Ahmad Najirulloh Siregar secara resmi terpilih sebagai Ketua PCIM Libya periode 2023-2025. Ahmad menyatakan bahwa momen tersebut bukanlah awal perjalanannya berkecimpung di PCIM Libya.

Ia sendiri telah terlibat aktif berkegiatan di salah satu elemen persyarikatan Muhammadiyah itu sejak mengenyam pendidikan di pondok pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta yang masyhur dengan program kaderisasinya.

“Saya sudah terlibat di Muhammadiyah sejak menjadi santri di MBS,” kata Ahmad kepada tim LPP MBS, Selasa (27/02/2024). Ia berkomitmen untuk melanjutkan tanggung jawabnya untuk dapat memberikan dampak positif bagi Muhammadiyah dan simpatisan Muhammadiyah di Tripoli, Libya.

Sementara program kerja belum secara rinci ditetapkan, Ahmad menekankan beberapa prinsip utama. Ia berencana untuk melakukan penguatan internal organisasi sebagai fokus utama.

“Prinsipnya, beberapa concern utama adalah penguatan internal organisasi,” tutur mahasiswa Sastra Arab semester 5 Islamic Call College, Tripoli, Libya itu. Tujuannya, sambung dia, menjaring dan mengoptimalkan kader-kader Muhammadiyah yang tersebar di Libya dalam menyebarkan misi dakwah Muhammadiyah.  “Menjaring kader Muhammadiyah yang banyak sekali, namun belum teroptimalkan untuk kepentingan persyarikatan dan Muhammadiyah,” ujarnya.

Selain itu, ia berencana untuk membuat program-program yang dirancang akan memperkuat citra Muhammadiyah di mata global, khususnya di Tripoli, Libya. Ahmad juga menyatakan bahwa keberlanjutan program PCIM Libya akan melibatkan berbagai kegiatan yang mendukung penguatan internal, meliputi pelatihan, pengembangan kapasitas, dan kegiatan keagamaan.

Alumni MBS angkatan ke-6 itu juga menyebut bahwa saat ini PCIM Libya telah memiliki 2 majelis sebagai pelaksana dalam melaksanakan program kerja, yaitu; Majelis Tarjih dan Pendidikan dan Majelis Komunikasi dan Informasi.

Secara umum, rapat penyusunan Program Kerja PCIM Libya periode 2023-2025 berjalan dengan lancar. Para peserta rapat terlihat antusias mengikuti jalannya rapat dari awal hingga akhir. Rapat kerja ini diakhiri dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan foto bersama.(ElMoedarries)