Prambanan (02/09) – SMP MBS Prambanan, Sleman Yogyakarta kembali berhasil meraih prestasi dalam bidang Matematika dan IPA (MIPA). Kali ini, sebanyak tiga santri berhasil meraih medali pada Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) ke-5 tahun 2023.

Dalam event tingkat provinsi ini, Hashif Hibatullah Ramadhan (8D), Aisha Rishona (9F), dan Mahdi Aiman Raushany (8D) berhasil melaju ke babak grand final tingkat nasional yang akan digelar di kota Bogor pada 10 September 2023 yang akan datang.

Untuk KSNR 2023 ini dilaksanakan secara luring pada 12 Agustus 2023 silam di SDM Condongcatur, dengan tingkat kesulitan soal berstandar Higher Thinking Skills (HOTS). Ketrampilan pemaknaan soal yang kontekstual terhadap realitas menjadi daya dukung untuk berhasil memenangkan kompetisi ini.

”Soal-soalnya sesuai materi kurikulum SMP tetapi lebih mengarah pada materi kontekstual dalam kehidupan sehari-hari,”cerita Hashif.

Kepala SMP MBS, ustadz Fauzan Yakhsya, S. Hum sangat bersyukur dengan capaian prestasi kali ini dan berharap yang terbaik untuk mereka. “Alhamdulillah, kami bersyukur atas capaian para santri di KSNR 5. Semoga prestasi akademik ini juga menjadikan ananda menjadi pribadi yang lebih baik. Selamat kepada para pemenang. ”

Ustadz Eko Sugiarto, S. Pd, koordinator lomba MBS, mengatakan antusiasme tinggi dari para peserta yang mengikuti KSNR ini tentu karena adanya berbagai manfaat dan keuntungan yang didapat.

Selain mendapatkan pengalaman seru, kata ustadz Eko, peserta juga dapat berkompetisi dengan ribuan pelajar lainnya di seluruh Indonesia. Para peserta juga akan mendapatkan pengetahuan berharga. Ini karena KSNR dirancang untuk melatih kecakapan berpikir nalar siswa sebagai proses peningkatan kekuatan literasi sains dalam memahami soal-soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS), terangnya.

KSNR merupakan kompetisi MIPA tahunan yang diselenggarakan oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Seikhlasnya yang dikomandoi  Ir. R. Ridwan Hasan Saputra, M. Si seorang pegiat pendidikan nalaria realistik tersohor di tanah air.

Penghargaan yang diperoleh pada KSNR 5 ini menambah daftar panjang catatan prestasi bagi ketiga santri ini. Sebelumnya Aisha demikian ia biasa disapa, tercatat pernah mendapat medali perunggu dalam ajang CCA MTQ Pelajar SMP. Sementara Hashif meraih juara International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) 2023, sedangkan Mahdi lolos Ki Hajar Stem dari level basic ke level intermediate.

Mereka sangat mengharapkan doa dan dukungan semua pihak agar mampu memberikan yang terbaik di babak grand final. SMP MBS sangat mendukung dan terus mendoakan semua santrinya berprestasi sesuai bidang masing-masing baik akademik maupun non akademik.(ElMoedarries)