Momentum peringatan kemerdekaan RI ke-78 menjadi bagian penting bagi seluruh rakyat Indonesia. MBS Prambanan, Sleman, Yogyakarta pada hari kamis 17 Agustus 2023 menggelar upacara bendera peringatan HUT RI di tiga tempat, yakni komplek putra, komplek putri dan di komplek MBS program khusus.

Sementara itu, santri putra kelas 12 MBS dan beberapa santri putri lainnya turut mewakili MBS dalam upacara HUT RI se-kecamatan Prambanan, di komplek candi Banyunibo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Wadir 4 bidang Kerumahtanggaan, ustaz Didik Riyanta, S. Sos.I bertindak sebagai inspektur upacara di komplek gedung putra. Dalam amanatnya, ustaz Didik mengingatkan para santri agar tidak melupakan jasa-jasa pahlawan Muhammadiyah dalam meraih kemerdekaan Republik Indonesia.

Sejarah kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari peran santri masa itu, termasuk dari kalangan muhammadiyah sendiri, sebagaimana disebutkan ustaz Didik dalam amanatnya.

Sementara itu, di tempat berbeda, Wadir 1 bidang Pendidikan, ustaz Rahmat Susanto, S. Pd bertindak sebagai inspektur upacara di komplek putri. Ustaz Rahmat dalam amanatnya mengingatkan pentingnya santri menyempurnakan tugas sebagai pelajar, selain itu beliau juga mengingatkan agar para pendidik tidak melupakan tanggung jawabnya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Upacara HUT RI di komplek gedung putra ditutup dengan flash mob, santri unjuk bakat bersama kelompok ekstrakurikulernya masing-masing, di antaranya ekskul Hizbul Wathan, Tapak Suci, Kokam dan Korp Relawan Muhammadiyah (KRM). Pun demikian di komplek putri tidak kalah seru menyuguhkan berbagai atraksi, termasuk diantaranya penampilan duo diva membawakan lagu wajib “Ibu Pertiwi”.

Flash mob berlangsung sangat meriah, mewakili kegembiraan para peserta upacara menyambut HUT RI ke-78. Seluruh santri mengikuti upacara wajib ini dengan khidmat, hingga upacara berakhir.

Tema HUT RI tahun ini adalah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Tema itu dipilih berdasarkan pencapaian yang telah diraih Indonesia dan menjadikan posisi bangsa ini menguntungkan dalam melanjutkan gerakan pembangunan negara. Dirgahayu RI ke-78 pada tahun ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir. Semoga momentum HUT RI ke-78 ini bisa meningkatkan semangat seluruh keluarga besar Pondok Pesantren MBS untuk terus berkarya dan berprestasi.(ElMoedarries)