Tepat pada Kamis hingga Sabtu (20-22/7/2023), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menggelar National Cooperative Summit 2023 yang digelar di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Kegiatan National Cooperative Summit 2023 ini dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan salah satunya yakni Expo koperasi siswa terpilih di Indonesia, dan Koperasi Hasbuna menjadi salah satunya. Acara ini juga  dihadiri secara langsung  oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Bapak Teten Masduki.

Selain Expo Koperasi, ada seminar revitalisasi koperasi dengan tajuk “Revitalisasi Koperasi Sekolah Konsistensi Gerakan Koperasi Berkelanjutan”

Bapak Muhammad Ikhwan Ahada, M.A selaku Ketua PWM Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam sambutannya menyatakan bahwa “koperasi siswa bisa menjadi salah satu media bagi peserta didik untuk belajar mengelola usaha. “

Menteri Koperasi dan UKM Bapak Teten Masduki dalam sambutannya mengatakan “kehadiran kegiatan ini dapat memberikan kesadaran baru pentingya berkoperasi siswa yang dilakukan di seluruh sekolah. Selain itu juga menjadi instrument UMKM yang diinisasi oleh pemuda bangsa di era milenial yang bangga berkoperasi. Yang nantinya diharapkan dapat mendorong perekonomian dan kedaulatan bangsa di masa depan.”

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi antara praktisi koperasi sekolah Indonesia dengan Natcco Filipina. dengan menghadirkan Mark Edieson Matias, Teresa Paula dan Hazel Ann Lenida dalam diskusi panelnya. Diskusi ini membahas tentang bagaimana membangkitkan kebanggaan berkoperasi di kalangan siswa di sekolah dengan berinvestasi dan pengembangan karakter wirausaha atau enterprenuership.

Kegiatan National Cooperative Summit 2023 ini diakhiri dengan dialog bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. “Revolusi Mental adalah suatu gerakan untuk menggembleng manusia Indonesia dan dengan semangat revolusi mental ini semoga koperasi mampu tumbuh menjadi kekuatan besar untuk Indonesia maju 2045” ucapnya. (Mon)