Pada hari Senin (27/03), Duta Besar RI Damaskus menerima kunjungan Disaster Response Team Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang berada di Suriah dalam rangka penyaluran bantuan kepada korban gempa bumi di Suriah. Dalam pertemuan tersebut, Dubes Wajid menjelaskan secara umum situasi Suriah pasca gempa yang terjadi 6 Februari 2023, penanganan terhadap WNI di Suriah, penyaluran bantuan dari Indonesia yang telah disampaikan, kebutuhan yang masih diperlukan pada masa tanggap-darurat dan juga pasca masa darurat dalam rangka rekonstruksi.

Ikhsan Aminuddin, salah satu pengurus PPI Suriah berkesempatan menyambut dan mendampingi tim Baznas RI. Alumnus Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta angkatan ke-6 tersebut melaporkan, dirinya dan beberapa rekan mahasiswa Indonesia lainnya yang tergabung dalam wadah PPI Suriah menyambut kedatangan tim Baznas RI dalam misi kemanusiannya kepada para penyintas gempa di Suriah.

Alhamdulillah pada Rabu, 29 Maret 2023, beberapa pengurus dan tim Relawan PPI Suriah berkesempatan mendampingi Delegasi Baznas untuk berkeliling ke beberapa tempat bersejarah yang ada di Damaskus. Diantaranya: Masjid Agung Bani Umayyah, makam Sahabat Abu Darda’ ra., makam Shalahuddin al-Ayyubi, dan tempat-tempat bersejarah lainnya di kawasan Old Damascus, tutur Ikhsan.

Mahasiswa Jami’ah Bilad Syam asal Sragen tersebut menambahkan, Tim Kemanusiaan Baznas yang terdiri dari DR. H.M. Imdadun Rahmat, M. Si (Deputi II bidang pendistribusian dan pendayagunaan), Fitriansyah Agus Setiawan (Direktur penguatan pengumpulan nasional), Taufiq Hidayat dan Yudhiarma MK lalu mengunjungi Universitas Damaskus dan berkesempatan bertemu dengan Dekan Fakultas Syariah Universitas Damaskus, Syekh Dr. Muhammad Hassan ‘Awwadh – hafidzahullah.

Tidak hanya itu, rombongan juga menyambangi Mujamma’ Syekh Ahmad Kaftaro dan berkesempatan mengadakan temu santai dan dialog dengan para mahasiswa Indonesia di asrama, serta berkesempatan untuk berziarah ke makam Syekh Ahmad Kaftaro rahimahullah dan bersilaturahmi ke kediaman Syekh Ramadhan Dieb – hafidzahullah.

Terakhir, PPI Suriah dan BAZNAS mengadakan buka bersama di Sekretariat PPI, sekaligus membahas persiapan keberangkatan misi kemanusiaan ke Aleppo dan Lattakia, tutupnya.

Insya Allah 8 relawan PPI Suriah, 4 tim BAZNAS, bersama tim dari KBRI Damaskus akan berangkat pada hari Jumat, 30 Maret 2023, untuk menyalurkan donasi dari masyarakat Indonesia pada korban terdampak gempa Suriah di kota Aleppo dan Lattakia.

Selepas pertemuan, Ketua Tim BAZNAS melantik relawan BAZNAS yang terdiri dari beberapa anggota PPI Suriah. Tim BAZNAS direncanakan akan menjalankan misi kemanusiaan selama tanggal 27 Maret – 2 April 2023 di beberapa wilayah terdampak gempa di Suriah.(ElMoedarries)