Guna memberi motivasi dan mendorong minat siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan ruang kelas agar bersih dan sehat, Pondok Pesantren MBS Yogyakarta, melalui bagian kesiswaan memberikan penghargaan kelas ter-bersih dan ter-rapi pekan kedua bulan Februari 2023.

Dari hasil penilaian para asatidz, kelas XI IPS 1 menjadi kelas terbersih pada medio Februari untuk jenjang SMA. Sementara itu, untuk kelas terbersih jenjang SMP diraih oleh kelas VIII C.

Kepala Bagian Kesiswaan Putra, ustadz Sidik Nugroho, S. Pd, mengatakan, pemberian piala kali ini, sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada kelas bersih di lingkungan MBS.

“Tujuan kami memberi rangsangan, agar para siswa merasa memiliki, jika mereka sudah merasa memiliki, untuk menjaga dan merawat kelasnya pasti dengan rasa ikhlas dan penuh semangat,” terang Kabag Kesiswaan yang juga menjadi ketua PCPM Prambanan, Ahad (12/2/2023)

“Jika bersih, belajar menjadi tenang, nyaman. Pelajaran juga menjadi cepat terserap dan mudah diterima saat guru menyampaikan,” imbuhnya.

Sementara ustadz Suko Nugroho, S. Pd, pengampu mapel Geografi, mengatakan, pemberian piala kelas bersih itu sangat bagik untuk mendorong minat siswa dalam menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolahnya.

“Dengan demikian kebersihan itu adalah melatih kita menjadi orang yang disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas yang telah diberikan,” terang ustadz Suko.

Dia melanjutkan, dengan kelas yang bersih maka kita sendiri yang akan memperoleh dan merasakan manfaat kebersihannya. Manfaat dari kebersihan itu adalah kelas terasa lebih nyaman, kita akan terhindar dari berbagai penyakit, belajarpun akan menjadi lebih tenang, dan memperlancar kerja otak manusia.

“Marilah mulai dari sekarang, harus pandai-pandai dalam menjaga kebersihan, mengingat akan manfaat dari kelas bersih itu sangat baik sekali,” tandasnya.(ElMoedarries)