Kamis,(28/2) Sore hari yang penuh berkah sekitar pukul 17.00 WIB menjelang waktu berbuka puasa sunnah yang biasa dilaksanakan oleh seluruh santriwati, Bagian Bahasa PR IPM MBS Putri Sleman Yogyakarta mengadakan Motivasi Bahasa yang disebut Tasyji’u Lughoh yang diisi oleh Ustadz Roid Umami, Lc.

Ketua Bagian Bahasa PR IPM PPM MBS Putri, Ayudya Nova Puspaningtyas, termotivasi dengan apa yang disampaikan oleh Ustadz Roid dalam muqoddimahnya, “Pondasi pondok pesantren adalah bahasa, mempelajari ilmu agama, dan menghafal Al-Quran. Maka hendaknya memperbaiki dan mempelajari bahasa Arab itu sendiri.” Terselenggaranya acara ini guna meningkatkan semangat santriwati dalam mempelajari bahasa Arab dan Inggris. “Barangsiapa yang mempelajari agama, wajib baginya berbicara bahasa Arab.” tuturnya.

“أسس المعهد هو تعلم اللغة والدين وحفظ القران ولا بد ان يصلحوا وان يتعلموا اللغة العربية”

لتشجّع الطالبات في التعّلم اللغة العربيّة و اللغة الإنجيلزيّة و تنطق بهما في يوميّاتهن. لأنّ اللّغة تاج اللغة.

يستخدم الأستاذ اللغة العربية السهلة لتفهم الطالبات كلامه.

Dalam penyampaiannya, beliau menggunakan Bahasa Arab sederhana agar mudah dipahami oleh santriwati. Tak hanya materi kebahasaan yang beliau sampaikan, melainkan juga cerita Nabi Ismail, Nabiyullah yang pertama kali berbicara dengan Bahasa Arab, yang kemudian berhijrah ke Jazirah dan muncullah sekelompok masyarakat yang baru, kemudian Bahasa Arab tersebar dalam Bani Israil.

Beliau melanjutkan dengan menceritakan bahwa Nabi Muhammad terlahir pada sebuah kaum yang pandai berbahasa Arab yaitu Kaum Quraisy. Mereka juga dapat menulis syair dengan indah. Begitu pula Al-Quran, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad dengan Bahasa Arab menggunakan uslub (cara/jalan) yang indah.

Berikut 3 kunci mempelajari bahasa Arab ala Ustadz Roid:

  • الوعي (Kesadaran)

Yaitu kesadaran untuk mempelajari bahasa Arab dari diri sendiri.

  • التعويد (Pembiasaan)

Yaitu membiasakan diri bersama orang lain untuk berbicara menggunakan bahasa Arab.

  • البيئة (Lingkungan)

Lingkungan mempengaruhi orang-orang yang berada di dalamnya. Apabila kita berada di lingkungan yang baik dan berbahasa Arab, maka kita akan semakin mudah mempelajari bahasa Arab.

Begitulah motivasi berbahasa yang disampaikan oleh Ustadz Roid. “Barangsiapa yang tidak hafal mufrodat sedangkan ia telah lulus dari pondok pesantren, maka sungguh ia berada dalam kerugian yang nyata.” tambahnya.

 

Alhamdulillah acara ini berlangsung dengan lancar. Sebagai penutup, Ayudya Nova memberikan plakat penghargaan secara simbolis atas ketersediaan ustadz Roid sebagai pembicara. Acara ditutup dengan bacaan hamdalah dan kafaratul majlis. Bidang Bahasa PR IPM PPM MBS Putri berharap agar semangat santriwati dalam berbahasa Arab dan Inggris terus meningkat setiap saat. Aamiin. (PIP)

 

4 replies
  1. buy bergara guns
    buy bergara guns says:

    997645 888330Youll be able use all sorts of advised attractions with various car treatments. A quantity of sell traditional tools numerous demand families for almost any event for any investment district, or even for a holiday in new york. ???? ??? ?????? ????? 378850

    Reply
  2. kspods.com
    kspods.com says:

    888771 384850I enjoy this info presented and possesses given me some type of resolve forpersistance to succeed i actually enjoy seeing, so sustain the superb work. 453588

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://mwa.ipb.ac.id/-/slot-gacor/ https://sipil.ft.uns.ac.id/wp-content/plugins/