Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah – ‘Aisyiyah (KKN MAs) merupakan kegiatan KKN bersama antar Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia. Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung merupakan PTMA yang menjadi tuan rumah KKN MAs 2023 dengan tagline ‘Babel untuk Indonesia’. Acara Pembukaan Ceremonial dilaksanakan pada hari Senin, 31 Juli 2023 di Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung dan kegiatan KKN di mulai pada tanggal 1 Agustus – 10 September 2023.

Panitia menyampaikan bahwa peserta mahasiswa KKN MAs berjumlah 753 dari 47 PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah), dengan jumlah mahasiswa yang terintegrasi PLP II sebanyak 293 dan KKN MAs reguler sebanyak 460 peserta. Masing-masing PTMA tentunya mengirimkan kader-kader terbaik untuk mengikuti kegiatan KKN MAs ini, salah satunya turut hadir Alumni Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta Hilmi Mustafa yang mewakili Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Nisa Kamila dari Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, serta Taufiq Adi Kurniawan, Ihyana Istiqomah, Zildan Al-Fatih, dan Amel dari Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Amika Wardana, Ph.D., merupakan salah satu yang hadir dari Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah. Kegiatan KKN MAs tahun ini berfokus untuk mendukung program pemerintah seperti penghijauan, reboisasi, dan merubah mindset mahasiswa dan masyarakat dengan tema “Penguatan Eduecotourism Berbasis Teknologi untuk Mendukung Konservasi Lingkungan di Bumi Serumpun Sebalai”. Kegiatan ini dilaksanakan di 5 kabupaten, yaitu Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung, dan Belitung Timur.

Penutupan KKN MAs 2023 dilaksanakan kembali di Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung pada tanggal 11 September dan bersamaan dengan Expo KKN MAs 2023 hasil produk unggulan masing-masing desa.(Nisa)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *