PKPTMU adalah Pelatihan Kader Paripurna Taruna Melati Utama yang merupakan perkaderan tingkat akhir di IPM. Pada mulanya PKPTMU hanya dilaksanakan oleh PP IPM, namun saat ini PKPTMU mulai dilaksanakan di tingkat PW IPM. Pelatihan Kader Paripurna dilaksanakan mulai dari pembukaan pada tanggal 18 Juni 2023 dan ditutup dengan gala dinner pada tanggal 22 Juni 2023.

“PWM DIY mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta PKP TMU DIY. TMU ini adalah bagian dalam proses kaderisasi melihat realitas dan proses adaptasi untuk menghadapi tantangan zaman. Munculkan Muhammadiyah dalam mesin pencarian,” Pesan Ayahanda Arif Jamali Muis, M.Pd dalam sambutannya. Setelahnya, rangkaian acara pembukaan dilanjutkan dengan penyematan tanda TMU kepada Ipmawan Frengki perwakilan PD IPM Riau dan Ipmawati Nadya Fikriani perwakilan dari PD IPM Sleman.

PKPTMU PW IPM DIY 2023 diikuti oleh 31 peserta dari berbagai macam provinsi, mulai dari Indonesia bagian barat ada Medan, Riau, dan Lampung hingga Indonesia bagian timur ada Papua Barat. Mewakili Kabupaten Sleman turut hadir para Alumni Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta, diantaranya Nisa Kamila, Nadya Fikriani, Hasna Alya dan Muhammad Faadii.

Tak sedikit pula alumni yang turut hadir dibalik serangkaian acara PKPTMU PW IPM DIY tahun ini, dimana Naafi Rofiqoh Makarimah alumni Angkatan 5 merupakan Ketua Panitia dalam Acara PKPTMU PW IPM DIY tersebut. Izzatul Himmah sebagai MOT atau Master of Training yang memandu keseluruhan agenda peserta selama berjalannya acara dan beberapa waktu yang lalu juga baru saja menjadi kader Paripurna pada PKPTMU PP IPM. Salsabiila sebagai Sekretaris MOT, Taufiq Adi Kurniawan sebagai IOT atau Imam of Training yang membersamai kegiatan di bidang religiusitas, dan ada pula Gita Amalia dan Nail Anfasa.

Nisa Kamila salah satu peserta dalam Pelatihan Kader Paripurna ini menjelaskan bahwa tema Taruna Melati Utama mengusung persoalan Kader Muhammadiyah di masa depan. Materi – materi yang disampaikan berupa permasalahan global yang diharapkan kader Muhammadiyah dapat menjadi pemimpin di masa depan yang mengikuti pesatnya perkembangan zaman, khususnya di kalangan pelajar gen Z dan gen Alpha.(nisa)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *