Orasi Kandidat Calon Ketua Umum IPM Putri Periode 2019/2020

Pemilihan calon ketua IPM Putri telah sampai pada sesi orasi penyampaian visi dan misi para kandidat. Sesi ini di selenggarakan pada di halaman kampus MBS putri pada hari pada hari Ahad 11 Agustus 2019 dan dikemas dalam bentuk debat orasi. Acara ini dihadiri oleh asatidz dan juga asatidzah sebagai saksi proses orasi para calon ketua IPM terpilih. Dipandu oleh Zahrotuananda Imaijial dan Syifa Haulina sebagai pembawa acara, acara dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh Haya Aqilah Huna. Dalam sambutannya Ustadz Roiq Lc (kabag kemahadan putri) menjelaskan pentingnya acara ini untuk memilih kandididat yang terbaik dari 3 calon ketua IPM.

Perjalanan kepengurusan PR IPM PPM MBS Putri periode 2018/2019 hampir usai, namun perjuangan IPM harus tetap terus berjalan. Sebagai kader penerus estafet amanah ini tentunya harus lebih baik kedepannya. Untuk itu PR IPM PPM MBS Putri menyelenggarakan debat orasi calon ketua IPM periode 2019/2020. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kandidat ketua IPM sekaligus menyampaikan debat visi dan misi dari masing-masing kandidiat. Pondok MBS merancang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) sebagai wadah untuk membentuk kader-kader Muhammadiyah yang siap terjun dilingkungan masyarakat. Para santri ditempa dengan amanah untuk menjalankan roda IPM baik sebagai penggerak berjalannya kegiatan-kegiatan dipondok pesantren, juga sebagai media belajar langsung sekaligus sebagai salah satu bentuk pengabdian seorang santri terhadap pondok. Jiwa raga mereka di tempa agar tergerak untuk terciptanya keberhasilan dalam setiap program-program dalam organisasi ini.

Tiga kandidat yang lolos sampai tahapan ini adalah ananda Ardhiyah Nailatul ‘Aliyah (konsul Jatim), ananda Laluna Hilwa Imtitsal (konsul Jawa Tengah) dan yang yang terahir adalah ananda Rosy Fatati (Konsulat Jawa Timur). Prosedur dalam orasi kali ini terbagi dalam empat tahapan yaitu:

  1. Peserta kandididat memperkenalkan diri dan menyamapaikan visi misi
  2. Peserta diberikan tiga soal pertanyan wajib yang harus dijawab oleh masing-masing kandiddat
  3. Peserta diberikan 6 soal pertanyaan pilihan, masing-masing kandidat memilih 2 pertanyaan
  4. Pertanyaan lain diberikan oleh ustadz pimpinan, ustazah pembina, pengurus IPM, calon pengurus IPM, dan juga santri

Ditemui disela sela jalannya acara Aurellia Salsa Armilda ketua IPM periode 2018/2019 menjelaskan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yakni agar kita mengetahui upaya apa yang akan dilakukan oleh para kandidat jika menghadapi berbagai masalah serta kondisi, disamping juga untuk meyakinkan kita siapa yang akan dipilih nantinya untuk menjadi ketua IPM periode 2019/2020.

Kandidat nomor 1 Salila Ardhiyah Nailatul Aliyah, menyampaikan visinya yaitu terbentuknya organisasi bertintegrasi sehingga terwujudnya lembaga pendidikan yang berkualitas serta generasi yang kuat dalam iman, luas dalam ilmu, ikhlas dalam amanah, serta mulia dalam ahlak dan adab. Selain itu ia juga memaparkan misinya adalah:

  1. Menjadikan Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagaui landasan utama dalam organisasi
  2. Meningkatkan ukhwah, baik antar anggora IPM maupun Ustadz-ustazah, dan santriwati
  3. Menjadikan anggtota IPM sebagai teladan yang baik
  4. Membudayakan senyum, salam, sapa, sopan dan santun kepada semua
  5. Meningkatkan mutu seluruh bidang terutama bidang-bidang yang masih teranggap lemah dari bidang lainnya

 

Kandidat nomer dua Laluna Hilwa Imtitsal visinya adalah terbentuknya generasi Islam yang memiliki nilai lebih dari generasi lainnya yang peduli pada umat, mengabdi pada umat, sesuai visi dan misi PPM MBS Sleman Yogyakarta, dan memiliki cerminan kepribadian berlandaskan Al-Quran dan As Sunnah. Terbentuklah santriwati generasi pejuang umat yang mencintai Allah dan Rosulnya. Misinya adalah:

  1. Membimbing para santri dengan motivasi, setiap bidang wajib meberikan motivasi disetiap penyampaiannya, evaluasi, mahkamah, bimbingan, ataupun larangan dan lain lain
  2. Meningkatkan budaya salam dan sapa dimulai dari diri ita sendiri agar terwujud wajah baru MBS sebagai pesantren yang ramah pada sesama
  3. Meningkatkan kesadaran dalam adab keseharian membiasakan bertindak sesuai dengan yang rosul ajarkan

Kandidat nomer tiga Rosy Fatati Qonita visinya adalah terbentuknya generasi Islam yang berintelektual tinggi berakhlakulkarimah, berkarakter khasanah dan erat berukhwah. Sedangkan misinya adalah:

  1. Menjadikan organisasi IPM sebagai ladang ibadah dan menyalurkan amal jariah
  2. Menjadikan amanah sebagai tolak ukur diri menjadi pribadi yang lebih baik
  3. Menjadikan organisasi IPM sebagai wadah untuk berdakwah yang berlandaskan Al-Qur’an dan Assunah
  4. Menegakkan toleransi dan rasa peduli dengan menjalin ukhwah hingga jannah
  5. Mencetak generasi yang berpendidikan tinggi dan berbudi pekerti dengan mawas diri

Acara debat berlangsung dengan berbagai pertanyaan yang sudah disiapkan oleh panitia yang bertujuan mengasah kemampuan beretorika para kandidat. Pada kesempatan yang sama Syeikh DR. Ahmad Abdul ‘Athi (Doktor lulusan Univ. Al Azhar Mesir) juga sempat memberikan pertanyaan kepada calon ketua IPM. Pertanyaan selanjutnya dari ustazah Asry Kurnia Syifana tentang apa yang membuat pantas jadi ketua IPM periode tahun ini seperti bagaimana cara memenejemen waktu, sikap kepada anggota jika banyak yang kurang setuju terhadap keputusan yang terpilih, dan akan dijadikan seperti apakah IPM periode ini? dilanjutkan pertanyaan dari IPM menegenai bagaimana para kandidat menyelesaiakan masalah jikia apabila ada salah satu anggota IPM yang tidak suka terhadap bidang yang didudukinya?

Alhamdulillah, dari setiap jawaban yang disampaikan tak lupa menyebutkan landasan ALLAH didalamnya. Insyaalah jika kita menolong agama Allah, Allah akan menolong hambanya. Semoga PPM MBS menjadi lebih baik, ukhwah tetap terjaga dan go-Internasional.

IPM bukan hanya sebagai suka atau tidaknya, tapi IPM untuk penegak, sebagai teladan ukhwah. Maka teruslah berusaha, bersyukur, jalanilah amanah karena Allah, jika itu iya maka penerus perjuangan IPM tidak akan kecewa, insyaALLAH. Semoga dengan adanya acara orasi debat kandidat ini bisa memudahkan santriwati  dalam memilih pemimpin untuk periode esok. Alhamdulillah di penghujung acara diahiri dengan doa, semoga seluruh rentetan acara PR IPM PPM MBS Putri diridoi Allah dan diberi kelancaran didalamnya, Amin yaa Robal alamin (CCNT)

  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *