Workshop Pelatihan Pembuatan Soal

Sabtu 25 Agustus 2018 dewan asatid pondok pesantren MBS Sleman Yogyakarta mengadakan workshop pelatihan pembuatan soal baik mata pelajaran umum dan syar’i.  Acara yang di selenggarakan di komplek gedung khodijah lantai dua kampus putri ini dibuka langsung oleh direktur pondok pesantren MBS ustad Fajar Shodik pada pukul08.00 Wib. Beliau mengingatkan akan pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan baik kualitas pembelajaran dan penilaian yang nantinya akan di terapkan dikelas. Beliau juga mengharapkan dengan adanya acara ini dapat mendorong peningkatan kualitas pembelajaran secara menyeluruh, sehingga prestasi anak didik dapat terus di tingkatkan.

Hadir dalam pertemuan ini jajaran pimpinan dan kepala sekolah baik SMP dan SMA dan juga MBS 2. Dewan asatidz yang hadir nampak sangat bersemangat dan antusias mengikuti jalannya acara workshop. Acara ini di pandu langsung oleh jajaran kurikulum bersama ustad Suko N sebagai narasumber.

Beliau menjelaskan bagaimana kaedah pembuatan soal yang baik dan benar,  baik dilihat dari segi penulisan ataupun gaya bahasanya. Dalam penulisan soal pilihan ganda perlu diperhatikan bahwa jangan  sampai pilihan jawaban malah membingungkan dan tidak dimengerti oleh peserta didik. Selain itu juga penulis wajib memakai bahasa baku.

Setelah pemberian materi pemuatan soal yang baik dan benar selesai ustadz dan ustadzah di berikan tugas untuk membuat contoh soal yang baik sesuai materi yang baru di sampaikan. Tugas ini di bagi ke dalam masing-masing MGM. Suasana semangat, cerah ceria nampak dari wajah ustadz dan ustazah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest