Puasa Arafah

Pengertian:

Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Dalil dan Keutamaan:

Puasa Arafah memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Sungguh amat sangat rugi jika kita meninggalkan puasa ini.

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ

Rasulullah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau bersabda: “Menghapuskan dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.” (HR. Muslim)

Hukum:

Puasa arafah hukumnya sunnah muakkadah (sangat dianjurkan) bagi kaum muslimin yang tidak sedang mengerjakan ibadah haji.

Sedangkan bagi kaum muslimin yang sedang menunaikan ibadah haji, tidak ada keutamaan untuk melaksanakan puasa pada hari arafah.

عَنْ عِكْرِمَةَ قَالَ دَخَلْتُ عَلَى أَبِى هُرَيْرَةَ فِى بَيْتِهِ فَسَأَلْتُهُ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ بِعَرَفَاتٍ فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ بِعَرَفَاتٍ

Dari Ikrimah, ia mengatakan: “aku masuk ke rumah Abu Hurairah lalu bertanya tentang puasa hari Arafah bagi (jamaah haji yang sedang) di Arafah.” Lalu Abu Hurairah menjawab, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang puasa hari Arafah di Arafah” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

Waktu:

Waktu puasa Arafah adalah tanggal 9 Dzulhijjah yaitu bertepatan dengan waktu wukuf jama’ah haji.

 Jika terjadi perbedaan waktu:

Jika penanggalan pemerintah suatu negera berbeda dengan penanggalan di Arab Saudi, seperti yang terjadi pada tahun ini, kita mengikuti yang mana?

Dalam hal ini ada dua pendapat ulama:

Pertama, mengikuti waktu wukuf di arafah.

Kedua, sesuai tanggal 9 Dzulhijjah di negeri masing-masing.

Dan pendapat yang lebih kuat, wallahu a’lam, adalah pendapat kedua, yaitu sesuai tanggal 9 Dzulhijjah di negera masing-masing.

Alasannya:

  1. Adanya perbedaan waktu pada masing-masing negera, yang didasarkan rukyatul hilal ( hisab ) pada masing- masing negara tersebut.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Apabila kalian melihat hilal, lakukanlah puasa dan apabila melihat hilal lagi, jangan puasa.’

  1. Patokan puasa arofah adalah waktu ( 9 Dzulhijjah ), bukan ketika jamaah haji wukuf.

Dalam hadits dijelaskan : “ Rasulullah ditanya tentang puasa hari Arafah..”, kata hari Arafah menunjukkan waktu, yakni tanggal 9 Dzulhijjah.

Penulis:

Ustadz Ahmad Roiq El Firdausy, Lc.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest