Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah

Pelatihan peningkatan kompetensi kepala sekolah ini diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM Daerah Istimewa Yogyakarta bekerjasama dengan TEMASEK Trainer dari Singapura. Acara ini diselenggarakan di gedung LPMP Yogyakarta Jl. Tirtomartani Kalasan Sleman, selama 3 hari mulai hari Jum’at sampai Ahad, 10 – 12 Agustus 2018.

Ustadz Fauzan Yaksya S.Hum kepala sekolah SMP MBS berkesempatan mengikuti pelatihan ini bersama kepala-kepala sekolah lainnya dari 34 sekolah Muhammadiyah yang telah ditunjuk oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK.

Nara sumber pelatihan disampaikan oleh pemateri dari Yayasan Al-Irsyad Singapura. Titik berat pelatihan ada pada pembuatan materi pembelajaran serta pembuatan soal-soal pelajaran yang  berbentuk quiz berbasis komputer dan dapat dilakukan secara online bahkan juga dapat dilakukan melalui gaget. Materi ini menjadi sangat menarik karena dapat menjawab tantangan zaman yang serba komputer dan gaget. Juga untuk mengantisipasi penyakit yang menjangkiti pelajar zaman “Now” yang membutuhkan trobosan baru dengan menggunakan aplikasi yang dapat melakukan pembelajaran online, ujian online dan juga tugas online yang berbentuk permainan maupun quiz.
Bagaimanapun juga fase tersebut sudah mulai terjadi dan akan terus berkembang yang tidak bisa kita bendung lagi, maka bagaimana kita bisa mengikuti arus perkembangan zaman ini namun tidak hanyut dan terseret arus yang deras. Maka para guru perlu mendapatkan pelatihan tentang bagaimana membuat aplikasi pembelajaran online yang aman bagi siswa serta membuat materi ujian atau ulangan yang juga dapat dilakukan secara online. Red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest