Terik matahari pada Jum’at 10 Agustus 2018 siang terasa cukup menyengat, namun ternyata tidak menyurutkan semangat ustadz dan ustazah pengajar mata pelajaran ilmu Syar’i MBS untuk hadir di kompleks kampus putri MBS Sleman Yogyakarta. Walau acara dihelat pada hari libur KBM, tidak lantas menyurutkan antusiasme ustadz dan ustazah untuk mengikuti jalannya agenda acara. Sebanyak seratusan Ustad dan ustazah beserta perwakilan dari santri putra dan putri dari kelas 12 nampak memadati tempat acara. Acara berlangsung selama kurang lebih 3 jam dan berlangsung secara interaktif.

Dr. Musthofa Dasuki Kasbah adalah pembicara tunggal pada acara seminar ilmiah ini. Selain sebagai Dosen di Universitas ‘Ainu Syams Mesir,  beliau juga menjabat direktur umum Islamic Ekonomi Center Universitas Al-Azhar.  Dalam sambutannya ustadz Fajar Shadik sangat menyambut baik kedatangan  Dr. Musthofa Dasuki Ke MBS Sleman Yogyakarta ini. Beliau menjelaskan Pondok MBS secara menyeluruh dan sekaligus berharap agar ustadz dan ustazah dapat meyerap ilmu yang akan di bagikan oleh Dr. Mustofa.

Turut hadir dalam acara ini jajaran pimpinan pondok pesantren MBS, Pimpinan Wakaf Center MBS, dan perwakilan BPH MBS. Dr Musthofa Dasuki membahas seluk-beluk tentang zakat dan wakaf di mulai dari sejarah zakat dan wakaf sampai perkembanganya di zaman sekarang.  Menurut hemat Syeikh bahwa saat ini wakaf sangat beragam baik macam dan bentuknya sebagai contoh bisa wakaf kekayaan intelektual, tenaga, kendaraan dan lainnya semuanya bisa di wakafkan. Selain itu beliau  juga menjelaskan  kasus-kasus yang terjadi dalam poroses pengurusan wakaf serta memberikan tips cara-cara menanggulanginya.

Dari seminar ini Dr Musthofa Dasuki berharap agar wakar center yang sudah di kelola di PPM Muhammadiyah Boarding School bisa berkembang lebih pesat.

Setelah sesi pemaparan berlangsung dilanjutkan sesi tanya jawab. Ada empat pertanyaan dari ustad dan ustazah dan juga dari santriwati. pertanyaan sekitar pendalaman tentang materi wakaf yang telah dipaparkan oleh Dr. Musthofa Dasuki. Acara di ahiri dengan sesi pengambilan foto bersama seluruh peserta seminar. Beliau menyampaikan sangat berkesan terhadap perkembangan PPM Muhammadiyah Boarding School, mengingat ini adalah kunjungan Beliau yang ke tiga kalinya dan setiap kunjungan selalu ada perkembangan yang signifikan.

 

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *