Lazismu MBS Sleman Yogyakarta berbagi menu buka puasa

Salah satu program Lazismu MBS Sleman Yogyakarta di bulan ramadhan adalah Ifthor gratis, yang berlangsung selama 10 hari dengan agenda pembagian menu buka puasa berupa nasi box dan roti yang direncanakan akan disalurkan ke sekitar 16 unit instansi. Beberapa pos penjagaan dan sejumlah masjid yang ada di sekitar prambanan, kegiatan berbagi menu buka puasa gratis yang dimulai sejak Sabtu 26 mei 2018 dengan agenda pertama adalah pembagian 100 nasi box ke beberapa tempat.

Diantaranya Polsek Piyungan, Pom bensin Piyungan dan Pos Penjagaan Piyungan, dan 500 box snack roti yang dibagikan di tiga masjid sekitar Pondok PPM MBS Sleman Yogyakarta yang biasanya disebut sebagai ring satu karena letak kampung yang berada paling dekat dengan Pondok. Dan  kampung sekitar inilah yang menjadi prioritas penyaluran ifthor karena berbagai pertimbangan.

Hari ke 2 agak sedikit berbeda dengan pembagian pada hari pertama selain membagikan ke sejumlah instansi Tim Lazismu juga membuka pelayanan ifthor di sejumlah area pom bensin  sasarannya adalah untuk para musafir dan pengguna jalan. Salah satu pom bensin yang disinggahi untuk pentasarufan  Ifthor adalah pom bensin Payak, yang menjadi pom bensin pertama untuk pelayanan ifthor. Begitu seterusnya pelayanan di sejumlah pom – pom berikutnya hingga 10 hari kedepan direncanakan kegiatan berbagi menu buka puasa gratis berarkhir sampai Hari Senin, 04 Juni 2018 yang akan datang dengan tempat yang berbeda setiap harinya.

 Ada sekitar 1000 lebih nasi box dan 3000 box snack roti yang telah disiapkan oleh tim Lazismu MBS Sleman Yogyakarta yang bekerja sama dengan Hasbuna Grup salah satu unit usaha milik Ekonomi Pondok yang bergerak dibidang Catering, Bakery dan Grosir. Kemudian setelah pembagian ifthor gratis untuk para musafir selesai dilanjutkan dengan agenda berikutnya yaitu pembagian 100 box nasi istimewa untuk peserta ‘Itikaf di Masjid Albirr dan Sanlat ( Pesantren Kilat ) SD MBS, pembagian yang akan dilaksanakan selama 6 hari ada kurang lebih 400 box nasi istimewa untuk pesertsa ‘Itikaf dan 300 box untuk peserta Sanlat SD MBS, serta 800 box snack roti.

Selain berbagi menu buka puasa gratis, Lazismu MBS juga mengadakan kegiatan penyaluran zakat berupa 2,5 kg beras dan sejumlah uang untuk jamaah sekitar prambanan. Ada sekitar 1500 paket telah disediakan oleh tim Lazismu MBS Sleman Yogyakarta, yang akan dibagikan secara bertahap ,di mulai dari pendataan untuk mengetahui jumlah penerima  zakat, kemudian pembagian voucher yang akan dilakukan pada hari Ahad, 03 Juni 2018 setelah kajian Jihad Pagi selesai. Kemudian setiap penerima zakat akan menukarkan voucher tersebut dengan paket zakat ke tempat yang telah ditentukan oleh Tim Lazismu yaitu Hasbuna Grosir yang berada di selatan pasar Prambanan. Dari seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Lazismu MBS Sleman Yogyakarta adalah tidak terlepas dari  peran dan partisiasi dari para donatur yang telah bersedia menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu kepada sesama yang membutuhkan lewat Lembaga Zakat dan Infak MBS Sleman Yogyakarta.

 

Pada kesempatan ini kordinator Lazismu MBS Yogyakarta Ustadz Seno Pamungkas menghaturkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para donatur atas partisipasinya dengan menyalurkan bantuan dan mempercayakan Lazismu MBS Sleman Yogyakarta sebagai lembaga zakat yang ada di cabang prambanan saat ini. Semoga menjadi jariyah amal sholeh bagi para donatur semuanya. Ustadz Seno juga menambahkan kami masih membuka kesempatan kepada siapa saja yang ingin bersedekah melalui Lazismu MBS Slweman Yogyakarta agar lebih banyak lagi saudara – saudara kita yang membutuhkan bisa mendapatkan manfaatnya.

Ditulis oleh : Ustadz Sunyoto, Kabid Driver PPM MBS Sleman Yogyakarta

 

 

 

 

 

elmoehammadiy
Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest